2021 TA PP HYANG IMAN 1.pdf?
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Pendekatan seni patung bagi penulis merupakan proses yang penting untuk
menuangkan gagasan yang disertai dengan pemahaman terhadap material dan
teknik yang digunakan. Gaya Realis menjadi pilihan visual yang diangkat pada
karya dalam penulisan ini. Kecenderungan visual ini muncul dengan menghadirkan
visualisasi pakaian kedalam mediium tanah liat yang kemudian dibakar dan
menjadi Terakota dengan tujuan menghadirkan sesuatu yang tidak teratur
(disorder), sesuatu yang teratur (order), dan proses diantara keduanya. Kata kunci
bahasa visual ini disimbolkan lewat bentuk pakaian yang berantakan, digantung,
dan terlipat rapih.
Pendekatan seni sebagai simbol dalam karya ini dipertajam oleh penulis, hal ini
berkaitan dengan bentuk visual pada karya yang direncanakan oleh penulis untuk
memperkuat aspek simbolik, dan menjadi bagian penting dalam menyuguhkan
narasi. Jika dilihat secara keseluruhan akan terbentuk tiga kata kunci penting yaitu:
berantakan, proses belajar, dan teratur.
Dengan karya ini penulis mendapat pemahaman tentang kepekaan seorang perupa
dalam mengamati benda kemudian menampilkannya ke dalam medium tanah liat
dan Terakota. Teori yang digunakan sebagai landasan adalah teori seni sebagai
simbol. Penulisan ini juga menjelaskan penempatan posisi karya penulis pada time
line historik sejarah seni rupa dengan pertimbangan referensi seniman dan karya
yang menjadi acuan dalam proses penciptaan seni yang dilakukan penulis.