ABSTRAK Yadi Kurniadi
PUBLIC Irwan Sofiyan COVER Yadi Kurniadi
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB 1 Yadi Kurniadi
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB 2 Yadi Kurniadi
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB 3 Yadi Kurniadi
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB 4 Yadi Kurniadi
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB 5 Yadi Kurniadi
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB 6 Yadi Kurniadi
PUBLIC Irwan Sofiyan PUSTAKA Yadi Kurniadi
PUBLIC Irwan Sofiyan
Meningkatnya aktivitas perdagangan yang dilakukan secara daring dalam beberapa
tahun terakhir membuat pertumbuhan sektor e-commerce meningkat dengan cepat.
Logistik memegang peranan penting dalam menunjang pertumbuhan e-commerce.
Logistik berperan sebagai penghubung antara penjual, e-commerce dan pelanggan.
Logistik pada sektor ini melibatkan proses forward logistik dalam aktivitas
pemenuhan pesanan pelanggan dan aktivitas reverse logistik dalam mengelola
pengembalian produk dari pelanggan kembali ke e-commerce maupun penjual.
Pada penelitian ini digunakan pendekatan dinamika sistem untuk memodelkan
aliran produk dalam sistem e-commerce. Pemenuhan pesanan dibagi menjadi dua
aliran yaitu pemenuhan dari fulfilment center inventori dan langsung dari penjual.
Jika produk dikirimkan langsung dari penjual maka akan meningkatkan waktu
pengiriman. Kapasitas e-commerce dalam mengelola pengembalian produk akan
mempengaruhi waktu pengembalian produk. Waktu pengiriman dan waktu
pengembalian produk merupakan faktor yang akan mempengaruhi kepuasan
pelanggan dalam berbelanja di e-commerce tertentu. Kepuasan pelanggan akan
mempengaruhi permintaan produk. Dari hasi simulasi diperoleh ketika waktu
pengiriman lebih dari 6 hari maka kepuasan pelanggan menunjukan pola turun
dengan cepat sedangkan untuk waktu pengembalian produk kepuasan pelanggan
turun secara signifikan setelah waktu pengembalian produk lebih dari 7 hari.