digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Fauzan Adhi Rachman
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

COVER Fauzan Adhi Rachman
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Fauzan Adhi Rachman
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Fauzan Adhi Rachman
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Fauzan Adhi Rachman
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Fauzan Adhi Rachman
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Fauzan Adhi Rachman
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Sejak didirikan pada tahun 2017, Avara Custom telah menjual produl Custom In-Ear Monitor (CIEM) mereka lewat metode daring dan konvensional. Pada tahun 2019, Avara Custom memutuskan untuk lebih agresif dengan menargetkan pembukaan beberapa dealership baru, terutama di area Jawa Timur, di tahun 2021. Avara Custom meyakini dapat meningkatkan penjualan produk mereka dengan memiliki lebih banyak jaringan toko konvensional. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk membantu Avara Custom memutuskan alternatif kota terbaik untuk membuka kerjasama dealer baru mereka. Dengan bantuan metode analytic hierarchy process (AHP), alternatif kota terbaik dapat dipilih berdasarkan penilaian yang luas dan menyeluruh. Penilaian dilakukan dengan melakukan wawancara pribadi dengan 12 responden yang dibagi menjadi 3 kelompok: manajemen internal, dealer saat ini, dan para pelanggan Avara Custom. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi alat untuk membantu proses pengambilan keputusan di Avara Custom ataupun perusahaan sejenis yang memiliki masalah pemilihan lokasi dealer di area Jawa Timur ataupun area lain di Indonesia dimasa mendatang.