Cover
PUBLIC karya Abstrak dan Abstract
PUBLIC  Kata Pengantar
PUBLIC karya
Lembar Pengesahan
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB I
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB II
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB III
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB IV
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB V
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
Daftar Pustaka & Lampiran
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
Perkembangan teknologi telah menghadirkan tantangan bagi penyedia jasa kurir, ekspres, dan
parsel (CEP) yang bertanggung jawab dalam melayani pengiriman barang ke pelanggan. Salah
satu tantangannya adalah terjadinya peningkatan ekspektasi pelanggan terhadap pengalaman
pengiriman yang lebih baik. Di sisi lain, masuknya Indonesia pada revolusi Industri 4.0
memberikan peluang bagi penyedia jasa CEP untuk dapat memberikan nilai kepada para
pelanggannya melalui transformasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
model transformasi digital untuk penyedia jasa CEP di Indonesia. Terdapat enam tahapan
utama dalam pengembangan model ini, yaitu analisis permasalahan dan solusi umum, analisis
kondisi bisnis, analisis prioritas ekspektasi pelanggan, analisis tujuan transformasi digital,
pengembangan model, dan validasi model. Hasil penelitian tugas akhir ini adalah model
transformasi digital yang sesuai dengan konteks penyedia jasa CEP, mempertimbangkan
prioritas ekspektasi pelanggan jasa CEP, serta memberikan masukan terkait bentuk penerapan
transformasi digital yang dapat memenuhi ekspektasi pelanggan. Hasil validasi menunjukkan
bahwa pemetaan bentuk penerapan transformasi digital yang dilakukan sudah cukup baik dan
sesuai dengan definisi dari masing-masing komponen model transformasi digital. Selain itu,
bentuk-bentuk penerapan transformasi digital pada model dianggap dapat memenuhi
ekspektasi pelanggan jasa CEP. Hal ini diketahui dari hasil tanggapan responden yang
menunjukkan angka 4.6 dari 5.