digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cover
PUBLIC karya


Kata Pengantar
PUBLIC karya

Lembar Pengesahan
Terbatas karya
» ITB

BAB I
Terbatas karya
» ITB

BAB II
Terbatas karya
» ITB

BAB III
Terbatas karya
» ITB

BAB IV
Terbatas karya
» ITB

BAB V
Terbatas karya
» ITB

Daftar Pustaka & Lampiran
Terbatas karya
» ITB

Perkembangan teknologi telah menghadirkan tantangan bagi penyedia jasa kurir, ekspres, dan parsel (CEP) yang bertanggung jawab dalam melayani pengiriman barang ke pelanggan. Salah satu tantangannya adalah terjadinya peningkatan ekspektasi pelanggan terhadap pengalaman pengiriman yang lebih baik. Di sisi lain, masuknya Indonesia pada revolusi Industri 4.0 memberikan peluang bagi penyedia jasa CEP untuk dapat memberikan nilai kepada para pelanggannya melalui transformasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model transformasi digital untuk penyedia jasa CEP di Indonesia. Terdapat enam tahapan utama dalam pengembangan model ini, yaitu analisis permasalahan dan solusi umum, analisis kondisi bisnis, analisis prioritas ekspektasi pelanggan, analisis tujuan transformasi digital, pengembangan model, dan validasi model. Hasil penelitian tugas akhir ini adalah model transformasi digital yang sesuai dengan konteks penyedia jasa CEP, mempertimbangkan prioritas ekspektasi pelanggan jasa CEP, serta memberikan masukan terkait bentuk penerapan transformasi digital yang dapat memenuhi ekspektasi pelanggan. Hasil validasi menunjukkan bahwa pemetaan bentuk penerapan transformasi digital yang dilakukan sudah cukup baik dan sesuai dengan definisi dari masing-masing komponen model transformasi digital. Selain itu, bentuk-bentuk penerapan transformasi digital pada model dianggap dapat memenuhi ekspektasi pelanggan jasa CEP. Hal ini diketahui dari hasil tanggapan responden yang menunjukkan angka 4.6 dari 5.