digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Muhammad Adya Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Muhammad Adya Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Muhammad Adya Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Muhammad Adya Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Muhammad Adya Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Muhammad Adya Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Muhammad Adya Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Indonesia merupakan salah satu negara Asia Tenggara dengan aktivitas ekonomi terbesar. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang menopang perekonomian di Indonesia. Merek fesyen lokal semakin populer dalam kondisi saat ini. Sektor fashion telah berkembang selama setahun terakhir, setiap tahun merek baru telah datang yang membuat persaingan lebih kuat dari sebelumnya. Peretasan pertumbuhan dapat dicirikan sebagai konsep pemasaran online. Menggunakan teknik distribusi konten viral di media sosial, operasi peretasan pertumbuhan bertujuan untuk menarik jumlah pelanggan sebanyak mungkin dengan biaya serendah mungkin dan untuk mempertahankan pelanggan dengan mempengaruhi pengalaman fantastis mereka melalui peningkatan dan pengembangan produk yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi pemasaran terbaik dengan menggunakan taksonomi growth hacking untuk meningkatkan pelanggan dan rencana implementasi strategi yang diusulkan. Langkah pertama dari proses penelitian adalah mengidentifikasi masalah atau masalah bisnis yang muncul dalam merek. Tergantung pada keadaannya, mungkin ada lebih dari satu masalah bisnis yang harus diidentifikasi. Untuk memperoleh data, penulis akan melakukan wawancara kepada pemilik sebagai sumber data dan menggunakan kuesioner kepada calon responden. Pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif akan digunakan untuk menyelidiki data. Penciptaan strategi melibatkan menanggapi temuan analisis sehingga penulis kemudian dapat menyarankan solusi dan menerapkannya untuk menyelesaikan masalah bisnis. Penulis menggunakan pendekatan mixed-method untuk mengumpulkan data. Beberapa ahli teori metode campuran telah menghasilkan tipologi metode campuran. Desain penelitian mixed methods menggabungkan metodologi kuantitatif dan kualitatif untuk mengumpulkan atau menganalisis data dalam satu penelitian. Penulis menggunakan statistik deskriptif, dan analisis isi untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari kuesioner. Statistik deskriptif adalah statistik yang meringkas dan mengkategorikan properti himpunan data. Kumpulan data adalah kumpulan tanggapan atau pengamatan dari sampel atau populasi secara keseluruhan. Setelah mengumpulkan data, tahap pertama analisis statistik dalam penelitian kuantitatif adalah menentukan karakteristik respons, seperti rata-rata satu variabel. Analisis konten adalah salah satu teknik standar untuk menganalisis materi atau komunikasi tertulis, yang bertentangan dengan perilaku atau objek fisik. Penelitian menemukan bahwa harapan pelanggan berada pada tingkat yang sangat tinggi tetapi pertumbuhan pelanggan tidak stabil, meskipun merek tersebut telah berkolaborasi dengan beberapa influencer dan merek lain. Penulis menunjukkan bahwa satu-satunya platform online yang digunakan brand adalah Instagram dengan fitur story, sedangkan durasi fitur hanya berlangsung selama 24 jam. Penulis mengusulkan strategi pemasaran berdasarkan tahap siklus hidup pelanggan pada peretasan pertumbuhan. Akuisisi: Manfaatkan audiens orang lain, Aktivasi: Pelajari alur saat boarding, Pendapatan: Penggambaran kelangkaan, Retensi: Tingkatkan nilai, Rujukan: Berbagi otomatis. Penulis juga mengusulkan rencana implementasi untuk strategi dan rencana yang diusulkan akan dilaksanakan selama 12 bulan. Rencana implementasi yang diusulkan telah diuji dalam metode statistik kepada salah satu pemangku kepentingan, pelanggan Bloca. Responden sebagai pelanggan diberikan 5 pertanyaan tentang tahap siklus hidup pelanggan, responden harus memilih mana yang mereka sukai di setiap tahap, persentase terbesar di setiap tahap akan menjadi strategi yang Penulis pilih untuk menjadi solusi yang diusulkan untuk Bloca.