digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Andar Partogi
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Andar Partogi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Andar Partogi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Andar Partogi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Andar Partogi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Andar Partogi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Andar Partogi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Andar Partogi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Keselamatan adalah hal yang utama dalam penerbangan komersial. Jutaan penumpang pesawat udara bergantung penuh kepada sistem keselamatan yang ada. Salah satu bentuk kecelakaan umum yang dialami pesawat udara adalah runway overruns. Instrumen keselamatan yang didesain untuk mengurangi dampak negatif dari runway overruns adalah Engineered Materials Arresting System (EMAS). EMAS membantu meredam kecepatan pesawat udara dalam insiden runway overruns hingga akhirnya terhenti dengan aman dan selamat. Material EMAS biasanya terbuat dari beton berongga karena sifat penyerapan energi yang dimilikinya. Dalam studi ini dilakukan simulasi perhitungan densitas efektif EMAS yang merujuk pada sisi keselamatannya dalam bentuk stopping distance dan average plane deceleration. Menggunakan model matematika quasi-static damage theory model, dapat ditaksir densitas ideal beton berongga untuk aplikasi EMAS ini. Dari perhitungan dan simulasi, didapati bahwa rentang ideal densitas beton berongga untuk aplikasi EMAS adalah 0,4-0,7 g/cm3. Hasil ini tidak terpaut jauh dari densitas EMAS sebenarnya dengan rentang antara 0,2-0,45 g/cm3, namun simulasi ini dapat dibuat lebih baik, misalnya dengan memperhitungkan gaya gesek dan gaya angkat pesawat udara.