Indonesia adalah pasar dengan pertumbuhan e-commerce yang menarik. Data sensus Badan
Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa industri e-commerce Indonesia dalam sepuluh tahun
terakhir meningkat 17%, dengan total jumlah bisnis e-commerce mencapai 26,2 juta unit (BPS,
2019). Laporan Google-Temasek berjudul e-Conomy SEA 2019 memproyeksikan nilai ecommerce
di
Indonesia
diperkirakan
meningkat
dari
U
S$
21
miliar
pada
2018
menjadi
US
$
82
miliar
pada
2025.
Dengan
tingginya
potensi
ekonomi
pada
industri
e-commerce,
para
pelaku
usaha
di
Indonesia
diharapkan
dapat
memaksimalkan
penjualannya
melalui
e-commerce.
Dari
Bandung
Project
(DBP) adalah toko e-commerce yang menjual produk peralatan rumah
tangga dengan harga bersaing, kualitas bagus dan bergaransi di e-commerce Shopee Indonesia.
Sejak didirikan pada Januari 2019, DBP telah berhasil menjual lebih dari 50.000 unit produk
dan berhasil mendapatkan lebih dari 20.000 ulasan positif. DBP dikunjungi lebih dari 45.000
pengguna Shopee setiap bulannya. Namun tingkat konversi penjualan yang terjadi dari
pengunjung menjadi pembeli menunjukkan persentase yang rendah, hanya 5,6%. DBP ingin
meningkatkan angka penjualannya dengan cara meningkatkan tingkat konversi penjualannya.
Untuk memahami perilaku konsumen dalam keputusan pembelian di Shopee setelah
mengunjungi produk, kuisioner daring telah dibagikan kepada 500 pengguna internet di
Indonesia yang pernah melakukan pembelian di Shopee. Berdasarkan analisis jawaban
responden, hal yang dapat dilakukan DBP dan UMKM penjual di Shopee untuk meningkatkan
tingkat konversi penjualan adalah memperbaiki informasi produk di halaman produk Shopee,
dan membuka toko cabang di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, membuat program giveaway
untuk review produk kreatif, mengingatkan pembeli potensial untuk melakukan pembayaran
melalui chat Shopee, dan membuat divisi baru yaitu divisi quality control.
Perpustakaan Digital ITB