digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia adalah pasar dengan pertumbuhan e-commerce yang menarik. Data sensus Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa industri e-commerce Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir meningkat 17%, dengan total jumlah bisnis e-commerce mencapai 26,2 juta unit (BPS, 2019). Laporan Google-Temasek berjudul e-Conomy SEA 2019 memproyeksikan nilai ecommerce di Indonesia diperkirakan meningkat dari U S$ 21 miliar pada 2018 menjadi US $ 82 miliar pada 2025. Dengan tingginya potensi ekonomi pada industri e-commerce, para pelaku usaha di Indonesia diharapkan dapat memaksimalkan penjualannya melalui e-commerce. Dari Bandung Project (DBP) adalah toko e-commerce yang menjual produk peralatan rumah tangga dengan harga bersaing, kualitas bagus dan bergaransi di e-commerce Shopee Indonesia. Sejak didirikan pada Januari 2019, DBP telah berhasil menjual lebih dari 50.000 unit produk dan berhasil mendapatkan lebih dari 20.000 ulasan positif. DBP dikunjungi lebih dari 45.000 pengguna Shopee setiap bulannya. Namun tingkat konversi penjualan yang terjadi dari pengunjung menjadi pembeli menunjukkan persentase yang rendah, hanya 5,6%. DBP ingin meningkatkan angka penjualannya dengan cara meningkatkan tingkat konversi penjualannya. Untuk memahami perilaku konsumen dalam keputusan pembelian di Shopee setelah mengunjungi produk, kuisioner daring telah dibagikan kepada 500 pengguna internet di Indonesia yang pernah melakukan pembelian di Shopee. Berdasarkan analisis jawaban responden, hal yang dapat dilakukan DBP dan UMKM penjual di Shopee untuk meningkatkan tingkat konversi penjualan adalah memperbaiki informasi produk di halaman produk Shopee, dan membuka toko cabang di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, membuat program giveaway untuk review produk kreatif, mengingatkan pembeli potensial untuk melakukan pembayaran melalui chat Shopee, dan membuat divisi baru yaitu divisi quality control.