digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kepuasan pembeli menjadi aspek penting dalam suatu usaha bisnis online. Tingkat kepuasan ini dapat menurun akibat beberapa risiko yang terjadi dalam proses pengiriman barang, seperti barang hilang, barang rusak, dan salah pengiriman alamat pembeli. Besar kepuasan yang dirasakan oleh pembeli dapat terlihat melalui review yang diberikan kepada penjualan bisnis online tersebut. Review negatif menunjukkan adanya ketidakpuasan pembeli. Ketidakpuasan ini dapat memberikan besar kerugian yang tidak pasti bagi penjual. Untuk memberikan perlindungan kepada penjual, dibutuhkan asuransi kerugian untuk penjualan online. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung besar premi dan kompensasi yang dapat diberikan kepada penjual bisnis online. Sehingga dibutuhkan pemahaman mengenai fungsi utilitas dan distribusi Multinomial. Metode yang digunakan untuk menentukan premi asuransi kerugian untuk penjualan online adalah menggunakan hubungan fungsi utilitas penjual dan asuransi.