Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling populer di
Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sepeda motor dinilai merupakan kendaraan
yang praktis. Namun, kepraktisan tersebut juga membuat keamanan sepeda motor
berkurang jika dibandingkan dengan kendaraan yang lain. Untuk menjawab
permasalahan tersebut, terdapat beberapa solusi yang sudah ada. Salah satunya
adalah menggunakan kunci ganda sepeda motor yang ditempatkan di roda, namun
hal ini dirasa cukup merepotkan pengguna dimana pengguna harus selalu
memasang dan melepas gembok. Hal tersebut merupakan alasan banyak orang
enggan menggunakannya, di sisi lain juga sudah banyak video tentang cara
membobol kunci ganda pada sepeda motor yang sudah tersebar di internet. Dari
latar belakang masalah tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat
sebuah sistem keamanan sepeda motor yang sulit dibobol untuk mencegah
terjadinya kehilangan sepeda motor saat sedang terparkir. Fokus utama penelitian
ini berfokus pada motor matic, karena motor matic menguasai pasar di Indonesia
hingga 86.7% pada tahun 2019. Dari berbagai macam solusi, terpilihlah solusi yaitu
sistem pengaman sepeda motor yang mencegah kehilangan dengan mengontrol
aliran listrik ke ignition coil (Immobilizer System). Kemudian terpilihlah suatu
konsep yaitu immobilizer sepeda motor berbasis kata sandi yang diakses melalui
smartphone. Pada karya tulis ini, secara khusus akan membahas tentang
perancangan dan implementasi bagian perangkat keras yang meliputi sistem daya
dan sistem proteksi. Sistem daya pada sistem keamanan ini merupakan suatu sistem
yang mengatur daya masukan dari aki menjadi sesuai dengan rating dari
komponen-komponen yang digunakan. Sistem daya ini menggunakan LM2596
untuk mengatur daya masukan dari aki agar sesuai dengan rating komponenkomponen yang digunakan untuk sistem pengaman sepeda motor tersebut. Untuk
sistem proteksi, bagian perangkat keras ini menggunakan sekring (fuse) untuk
melindungi keseluruhan sistem dari kerusakan fatal akibat nilai daya yang tidak
sesuai. Adapun bahasan lain pada karya tulis ini termasuk rancangan kelistrikan
yang juga meliputi PCB dan perkabelan, serta penggunaan casing untuk efektifitas
pemasangan dan perlindungan tambahan.