digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cover
PUBLIC Open In Flip Book karya


Lembar Pengesahan
Terbatas Open In Flip Book karya
» ITB

Tugas Akhir
Terbatas Open In Flip Book karya
» ITB

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling populer di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sepeda motor dinilai merupakan kendaraan yang praktis. Namun, kepraktisan tersebut juga membuat keamanan sepeda motor berkurang jika dibandingkan dengan kendaraan yang lain. Untuk menjawab permasalahan tersebut, terdapat beberapa solusi yang sudah ada. Salah satunya adalah menggunakan kunci ganda sepeda motor yang ditempatkan di roda, namun hal ini dirasa cukup merepotkan pengguna dimana pengguna harus selalu memasang dan melepas gembok. Hal tersebut merupakan alasan banyak orang enggan menggunakannya, di sisi lain juga sudah banyak video tentang cara membobol kunci ganda pada sepeda motor yang sudah tersebar di internet. Dari latar belakang masalah tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat sebuah sistem keamanan sepeda motor yang sulit dibobol untuk mencegah terjadinya kehilangan sepeda motor saat sedang terparkir. Fokus utama penelitian ini berfokus pada motor matic, karena motor matic menguasai pasar di Indonesia hingga 86.7% pada tahun 2019. Dari berbagai macam solusi, terpilihlah solusi yaitu sistem pengaman sepeda motor yang mencegah kehilangan dengan mengontrol aliran listrik ke ignition coil (Immobilizer System). Kemudian terpilihlah suatu konsep yaitu immobilizer sepeda motor berbasis kata sandi yang diakses melalui smartphone. Pada karya tulis ini, secara khusus akan membahas tentang perancangan dan implementasi bagian perangkat keras yang meliputi sistem daya dan sistem proteksi. Sistem daya pada sistem keamanan ini merupakan suatu sistem yang mengatur daya masukan dari aki menjadi sesuai dengan rating dari komponen-komponen yang digunakan. Sistem daya ini menggunakan LM2596 untuk mengatur daya masukan dari aki agar sesuai dengan rating komponenkomponen yang digunakan untuk sistem pengaman sepeda motor tersebut. Untuk sistem proteksi, bagian perangkat keras ini menggunakan sekring (fuse) untuk melindungi keseluruhan sistem dari kerusakan fatal akibat nilai daya yang tidak sesuai. Adapun bahasan lain pada karya tulis ini termasuk rancangan kelistrikan yang juga meliputi PCB dan perkabelan, serta penggunaan casing untuk efektifitas pemasangan dan perlindungan tambahan.