digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

erkembanganindustrikreatifsaatinikhususnyaIndonesiamerupakanindustriyangsedangberkembangpesat,tidakcumaituindustrikreatifjugamenjadipilihanbagigenerasimudauntukmengembangkankariersekaligusmenciptakanlapanganpekerjaan.Industrianimasisebagaibagianindustrikreatifyangberfokusuntukmemberdayakandayaciptadankreasisuatuindividuyangmampumenciptakankesejahteraandanlapanganpekerjaan,ternyatamasihterkendalaolehketersediaanSDM-nya.Meskipundapatdikatakanindustripadatkaryatetapitenagakerjayangdibutuhkanharusyangterlatihdanterdidik,karenabukantenagayangdibutuhkantetapilebihkepadakeahlianyangspesifik.Karenajenispekerjaanyangspesifikinilah,kompetensiyangdibutuhkanuntukmemilihsalahsatuprofesidiindustriinitidakbanyak.SMKsebagaisalahsatupenyalurSDMdimanalulusannyadiharapkandapatbersaingdanmemilikikompetensiyangdibutuhkanolehindustri.AkantetapilulusanSMKjustrumenjadipenyumbangpengangguranterbanyak di tingkat pendidikan di Indonesia saat ini.Studiinibertujuanuntukmerancang?userinterface?(UI)aplikasi?mobilesebagaimediapencarikerja,yangberfungsiuntukmenjembatanikebutuhanindustrianimasiakanSDMsertabisamenjadiwadahbagiparalulusanSMKdalammendapatkanpekerjaanyangsesuaidengankompetensimereka,denganmenggunakanmetode?UserCenteredDesignyangmenempatkanlulusanSMKanimasidanindustrianimasisebagaipusatpenggunadariperancanganaplikasiini.Padatahapakhirhasildaripenelitianiniadalahmerancanguserinterface?padaaplikasiinidiharapkandapatmenyediakaninformasiyangmudahdiakses,dipahami,dansesuaidengankebutuhanpenggunaberdasarkanhasilanalisismenggunakan prinsip ?user centered design?.