digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cover
PUBLIC karya


Lembar Pengesahan
Terbatas karya
» ITB

Tugas Akhir
Terbatas karya
» ITB

Tugas akhir ini membahas tentang pengoptimalan sudut nyala ?on dan sudut padam ?off untuk mengendalikan Switched Reluctance Motor (SRM) 5 kW tipe 12/8 dengan menggunakan Algoritma Genetik/Genetic Algorithm (GA) multi-objektif. Objektif dari pengoptimalan adalah memaksimalkan torsi yang diproduksi dan meminimalkan riak torsi yang ditimbulkan. Finite Element Analysis (FEA) digunakan untuk mendapatkan karakteristik flux linkage statis dan karakteristik torsi statis. Karakteristik statis tersebut kemudian digunakan sebagai dasar dari model SRM drive yang digunakan pada proses pengoptimalan sudut penyalaan (?on dan ?off). Berdasarkan sudut penyalaan optimal yang didapatkan, karakterisasi performa SRM dilakukan pada seluruh rentang operasi. Dengan menggunakan sudut penyalaan optimal, SRM dapat mencapai daya rating 5 kW pada 3000 rpm dengan arus perintah 90 A. Model kendaraan elektrik ringan (e-Trike) juga dikembangkan untuk mengestimasi kemampuan dari SRM dan kendali dengan sudut penyalaan yang telah dioptimalkan.