Cover
PUBLIC karya Abstrak dan Abstract
PUBLIC 
Lembar Pengesahan
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
Tugas Akhir
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
Tugas akhir ini membahas tentang pengoptimalan sudut nyala ?on dan sudut
padam ?off untuk mengendalikan Switched Reluctance Motor (SRM) 5 kW tipe 12/8
dengan menggunakan Algoritma Genetik/Genetic Algorithm (GA) multi-objektif.
Objektif dari pengoptimalan adalah memaksimalkan torsi yang diproduksi dan
meminimalkan riak torsi yang ditimbulkan. Finite Element Analysis (FEA)
digunakan untuk mendapatkan karakteristik flux linkage statis dan karakteristik
torsi statis. Karakteristik statis tersebut kemudian digunakan sebagai dasar dari
model SRM drive yang digunakan pada proses pengoptimalan sudut penyalaan (?on
dan ?off). Berdasarkan sudut penyalaan optimal yang didapatkan, karakterisasi
performa SRM dilakukan pada seluruh rentang operasi. Dengan menggunakan
sudut penyalaan optimal, SRM dapat mencapai daya rating 5 kW pada 3000 rpm
dengan arus perintah 90 A. Model kendaraan elektrik ringan (e-Trike) juga
dikembangkan untuk mengestimasi kemampuan dari SRM dan kendali dengan
sudut penyalaan yang telah dioptimalkan.