digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Ghaida Rifara Elverina
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Masuknya pandemi Covid-19 ke Indonesia berdampak terhadap penurunan penjualan di bidang retail termasuk industri pakaian. Hal ini disebabkan karena regulasi pemerintah melalui Peraturan Sosial Berskala Besar yang bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Dikarenakan hal tersebut maka adanya perubahan pola perilaku dan perferensi masyarakat Indonesia selama pandemi terutama dalam hal berbelanja. Modest Fashion Company sebagai salah satu platform fashion e-commerce di Indonesia mendapatkan dampak dari hal tersebut dimana menyebabkan penurunan sales yang sangat signifikan sejak kuartal 2 2020. Untuk memecahkan masalah ini maka pemahaman dari sisi perusahaan melalui interview untuk menganalisa saluran distribusi yang di miliki perusahaan baik di online dan offline dan dari sisi konsumen melalui kuesioner untuk memahami perjalanan belanja para konsumen di Modest Fashion Company pada sebelum dan saat pandemi. Penurunan sales di Modest Fashion Company diakibatkan karena: 1) sistem konsiyansi yang menjadi model bisnis perusahaan 2) menjangkau segmen kelas menengah dengan menawarkan harga yang terjangkau 3) 86 konsumen yangmana terakhir kali berbelanja pada 6 bulan lalu dan setahun lalu 4) 66 konsumen tidak mengetahui keberadaan toko offline 5) konsumen yang kurang ikutserta dalam sosial media 6) konsumen enggan untuk membagikan produk ke sosial media 7) konsumen lebih memilih berbelanja di platform e-commerce lain dan 8) persaingan di lokal dan internasional sangat ketat dalam industri fashion e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan 123 konsumen yang tetap berbelanja selama pandemi melalui online, maka Modest Fashion Company harus fokus terhadap saluran online dengan reformulasi strategi marketing secara digital dengan kerangka RACE. Dengan mencapai konsumen melalui influencer lalu menghasilkan prospek dengan menggunakan model wanita tidak berhijab, chatbot, personalisasi dan review produk di halaman utama situs web. Lalu, menginovasikan simulasi foto seluruh produk menggunakaan fitur zoom-in, memberikan informasi produk secara detail dan rinci, selalu memperbarui opsi filter di aplikasi dan mengingatkan konsumen melalui smart automations. Dan membangun hubungan dengan konsumen dengan personalisasi individu di situs web, mengadakan kompetisi di sosial media Instagram dengan hadiah menarik dan mengimplementasikan virtual try-on.