Jumlah penduduk di Kota Bandung berdasarkan status perkawinan terus bertambah dari tahun
ke tahun. Di Indonesia, pernikahan menjadi upacara dan perayaan kebahagiaan pasangan. Tak
hanya bagi pasangan, industri pernikahan pun menjadi potensi pengusaha. Menurut ramalan
pernikahan Indonesia 2020, Fotografi Pernikahan termasuk dalam 3 alokasi anggaran
pernikahan terbesar.
The Lunar Story berdiri pada tahun 2018 dan berlokasi di Bandung, menyediakan jasa fotografi
dan videografi dengan spesialisasi jurnalisme pernikahan dengan storytelling sebagai signature
style mereka. Dilihat dari kondisi internal dan eksternal, The Lunar Story mengalami kesulitan
bersaing di industri fotografi pernikahan karena minimnya kapasitas produksi yang
menyebabkan kurangnya keunggulan bersaing.
Penelitian ini mencoba menemukan strategi bisnis yang efektif untuk meningkatkan
keunggulan kompetitif The Lunar Story dengan menggunakan metode kualitatif. Untuk
menganalisis kondisi perusahaan saat ini, digunakan studi pustaka untuk penelitian ini. The
Lunar Story menerapkan analisis Resource Based View dan analisis VRI. Analisis Lima
Kekuatan dan Pesaing Porter digunakan untuk analisis eksternal. Hasil perhitungan analisis
Internal dan Eksternal menunjukkan koordinat posisi perusahaan dalam kuadran SWOT untuk
menentukan strategi pengembangan. Strategi Generik Porter dan Kerangka McKinsey 7s
adalah metode yang digunakan untuk mengimplementasikan strategi.
Berdasarkan eksplorasi bisnis, strategi yang digunakan adalah Strategi Diversifikasi dan
Strategi Diferensiasi. Dengan menerapkan strategi ini diharapkan The Lunar Story dapat
meningkatkan keunggulan kompetitifnya dengan kompetitor lain dan mencapai target
proyeknya per tahun. Dengan adanya penelitian ini diharapkan The Lunar Story dapat terus
tumbuh dan berkembang perusahaan, mampu bersaing dalam industri fotografi, dan menjadi
salah satu market leader di bidang wedding photography, serta dapat memberikan layanan dan
produk yang yang diinginkan pelanggan.