digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Jumlah penduduk di Kota Bandung berdasarkan status perkawinan terus bertambah dari tahun ke tahun. Di Indonesia, pernikahan menjadi upacara dan perayaan kebahagiaan pasangan. Tak hanya bagi pasangan, industri pernikahan pun menjadi potensi pengusaha. Menurut ramalan pernikahan Indonesia 2020, Fotografi Pernikahan termasuk dalam 3 alokasi anggaran pernikahan terbesar. The Lunar Story berdiri pada tahun 2018 dan berlokasi di Bandung, menyediakan jasa fotografi dan videografi dengan spesialisasi jurnalisme pernikahan dengan storytelling sebagai signature style mereka. Dilihat dari kondisi internal dan eksternal, The Lunar Story mengalami kesulitan bersaing di industri fotografi pernikahan karena minimnya kapasitas produksi yang menyebabkan kurangnya keunggulan bersaing. Penelitian ini mencoba menemukan strategi bisnis yang efektif untuk meningkatkan keunggulan kompetitif The Lunar Story dengan menggunakan metode kualitatif. Untuk menganalisis kondisi perusahaan saat ini, digunakan studi pustaka untuk penelitian ini. The Lunar Story menerapkan analisis Resource Based View dan analisis VRI. Analisis Lima Kekuatan dan Pesaing Porter digunakan untuk analisis eksternal. Hasil perhitungan analisis Internal dan Eksternal menunjukkan koordinat posisi perusahaan dalam kuadran SWOT untuk menentukan strategi pengembangan. Strategi Generik Porter dan Kerangka McKinsey 7s adalah metode yang digunakan untuk mengimplementasikan strategi. Berdasarkan eksplorasi bisnis, strategi yang digunakan adalah Strategi Diversifikasi dan Strategi Diferensiasi. Dengan menerapkan strategi ini diharapkan The Lunar Story dapat meningkatkan keunggulan kompetitifnya dengan kompetitor lain dan mencapai target proyeknya per tahun. Dengan adanya penelitian ini diharapkan The Lunar Story dapat terus tumbuh dan berkembang perusahaan, mampu bersaing dalam industri fotografi, dan menjadi salah satu market leader di bidang wedding photography, serta dapat memberikan layanan dan produk yang yang diinginkan pelanggan.