Sektor fesyen Muslim Indonesia telah berkembang pesat beberapa tahun terakhir ini. Industri fesyen Muslim tetap kuat dan berkembang meskipun situasi ekonomi global melambat. Satchi didirikan pada tahun 2018, yang merupakan brand Muslim fesyen yang menawarkan kebutuhan esensial bagi setiap muslimah. Satchi merupakan salah satu brand fesyen hijab yang menggunakan teknik pemotongan laser untuk menggantikan teknik menjahit konvensional. Pergerakan industri fesyen Muslim bergerak sangat cepat, namun Satchi belum mampu menyesuaikan kecepatan ritme industri.
Satchi menghadapi persaingan yang ketat di industri tersebut dan juga penjualan setiap bulannya memiliki perbedaan yang lumayan besar sehingga gap-nya besar. Untuk dapat menghasilkan produk baru secara berkelanjutan, Satchi perlu memperhatikan dengat teliti dalam memutar modalnya pada setiap produksi. Sehingga Satchi perlu menerapkan strategi baru untuk dapat bersaing dan memperluas bisnisnya.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Strategi yang diusulkan dirumuskan menggunakan model Diamond Strategy. Satchi juga kekurangan tenaga kerja dan belum memiliki strategi yang terencana dalam menjalankan bisnis. Satchi perlu melakukan pengembangan internal untuk memperbaiki model bisnis dan meningkatkan penjualan serta bersaing dengan para pesaingnya.
Untuk mengusulkan strategi bisnis baru, disarankan agar Satchi membenahi internal terlebih dahulu kemudian berkembang bersaing dengan kompetitor. Ada beberapa strategi yang diusulkan, dibagi menjadi beberapa fungsi untuk manajemen bisnis, pemasaran, kemitraan, segmen pelanggan, operasional, dan keuangan.
Perpustakaan Digital ITB