digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Bima Adhiputranto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Harley-Davidson merupakan perusahaan kendaraan bermotor roda dua yang pertama kali hadir di tahun 1903 di Amerika dan sekarang telah berkembang menjadi salah satu brand ternama di dunia. Indonesia, salah satu negara terbesar di dunia memiliki populasi masyarakat yang memiliki aset keuangan diatas US$ 1 juta sebanyak 129.000 orang, menjadikan Indonesia sebagai pasar yang berprospek untuk Harley-Davidson berkembang. Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta sebagai dealer resmi Harley-Davidson di Indonesia melihat kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis ini. Bersama dengan komunitas Harley-Davidson di Indonesia, Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta bercita-cita untuk mensukseskan usaha ini di Indonesia. Akan tetapi, perjalanan Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta masih panjang dan banyak menghadapi masalah di ekuitas mereknya. Melanjutkan pada permasalah pada ekuitas merek, penelitian ini dibuat untuk meningkatkan kualitas Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta mengenai ekuitas mereknya, bersamaan dengan peningkatan penjualannya. Metode yang digunakan untuk penelitian ini dibagi menjadi data utama, riset kualitatif dan kuantitatif, dan data kedua. Hasil dari riset tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode severity-urgency matrix dan terciptalah rancangan implementasi yaitu pemasaran kolaborasi dan pemasaran event. Setelah rencana implementasi ini dilakukan, diharapan adanya peningkatan pada ekuitas merek serta penjualan untuk Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta.