digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Ratih Herdiyah
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Terbukanya peluang bagi perusahaan satelit asing untuk masuk ke pasar Indonesia berdampak pada peningkatan daya saing industri satelit. Dalam rangka Mempertahankan posisi superior pada layanan satelit regional Indonesia, PT Jarsikom berinisiatif membentuk PT Jalinesat dari hasil konsolidasi seluruh entitas di PT Jarsikom Group yang mengelola bisnis satelit. PT Jalinesat bertugas dalam mengelola dan mengintegrasikan manajemen layanan satelit dari hulu ke hilir. Saat ini, unit HCM PT Jalinesat mengalami kesulitan dalam menentukan kompetensi karyawan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Setiap individu yang diangkat sebagai karyawan di PT Jalinesat, telah ditempatkan di unit yang sesuai dengan bidang pekerjaannya pada perusahaan sebelumnya. Para karyawan mengerjakan pekerjaan saat ini menggunakan kompetensi yang memang sudah mereka miliki sejak bekerja di perusahaan sebelumnya. Adanya perbedaan strategi dan tujuan perusahaan menjadikan kompetensi yang dimiliki masing-masing karyawan kurang relevan dengan job description yang berlaku saat ini. Oleh karena itu, PT Jalinesat membutuhkan pembaharuan direktori kompetensi dengan harapan dapat menjadi panduan bagian karyawan dalam memahami cakupan tanggung jawab di setiap jabatan. Ruang lingkup penelitian terbatas pada middle management di Direktorat Komersial. Pemilihan direktorat didasari oleh fakta bahwa Direktorat Komersial memberikan kontribusi terbesar terhadap total pendapatan perusahaan, sedangkan pemilihan middle management level didasari oleh kemampuan posisi tersebut dalam mempengaruhi kinerja manajemen bottom line dan top line. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat langsung bagi perusahaan. Model kompetensi yang digunakan untuk membantu penyusunan direktori kompetensi yang dibutuhkan adalah kompetensi model modified three-prong. Terdapat empat komponen utama pada model kompetensi ini, yaitu Values & Beliefs, Leadership Competency, Professional Competency dan Technical/Functional Competency. Komponen pertama, Values & Beliefs berisi nilai-nilai dasar yang wajib diterapkan bagi seluruh karyawan di PT Jalinesat. Komponen kedua, Leadership Competency merupakan sekumpulan kompetensi inti yang dibutuhkan oleh karyawan untuk membantu dalam memimpin kelompok atau individu untuk mencapai tujuan perusahaan. Komponen ketiga, Professional Competency merupakan sekumpulan kompetensi inti yang dibutuhkan oleh karyawan dalam menjalankan peran, tanggung jawab dan fungsi secara lebih efektif. Komponen keempat, Technical/Functional Competency berisi kompetensi spesifik yang menjadi persyaratan di setiap posisi untuk menjamin hasil kerja yang memenuhi standar kualitas teknis perusahaan. Dalam mendukung pencapaian tujuan perusahaan melalui pemanfaatan sumber daya manusia yang efektif dan efisien, pengaplikasian kegiatan kerja berdasarkan direktori kompetensi baru harus segera diterapkan. Proses implementasi diawali dengan pemahaman tanggung jawab unit HCM dan jajaran pimpinan Direktorat Komersial dalam membangun suasana pembelajaran yang kondusif bagi pihak- pihak terkait. Dengan begitu, diharapkan proses implementasi dapat berjalan dengan lancar untuk jangka Panjang.