Bisnis transportasi yang ada di Indonesia beragam mulai dari transportasi darat, udara, laut.
Transportasi darat khususnya kereta api di Indonesia masih di dominasi oleh perusahaan Negara
seperti PT. KAI (Persero), karena perusahaan ini memiliki tugas dan aturan dari pemerintah yang
mewajibkan memberikan jasa transportasi bagi seluruh masyarakat yang ada di Indonesia.
Tantangan yang diberikan oleh pemerintah tersebut dijawab oleh PT. KAI (Persero) dengan terus
mengembangkan pelayanan dan teknologi yang mereka miliki. Pengembangan terbaru yang
dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan adalah dengan menciptakan
inovasi teknologi aplikasi mobile bernama KAI Access. Sejak peluncurannya aplikasi ini belum
mendapatkan perhatian dan penggua sehingga aplikasi ini belum mencapai target yang sudah
ditentukan dari latar belakang dibentuknya aplikasi KAI Access tersebut untuk memudahkan
pelayanan yang di miliki oleh PT. KAI (Persero) menjadi dalam satu genggaman.
Penelitian ini memfokuskan untuk membantu aplikasi KAI Access dalam mengukur dan
meningkatkan pengetahuan produk konsumen. Pengukuran dan peningkatan pengetahuan produk
konsumen akan membantu komunikasi marketing aplikasi KAI Access agar mendapatkan
perhatian dari masyarakat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori tentang cara
meningkatkan pengetahuan produk konsumen dan juga teori AIDA yang digunakan untuk
mengukur tingkat pengetahuan konsumen.
Selanjutnya mengikuti prosedur analisa untuk meningkatkan pengetahuan produk konsumen
dengan melibatkan teori AIDA sebagai dasar untuk mengukur dan meningkatkan pengetahuan
produk konsumen terhadap aplikasi KAI Access. Rekomendasi strategi dalam meningkatkan
komunikasi pemasaran berdasarkan dari hasil temuan (Gap) pada tingkat pengetahuan produk
konsumen akan dapat membantu bagaimana aplikasi KAI Access ini mendapatkan perhatian dan
juga digunakan oleh masyarakat khususnya adalah pelanggan PT. KAI (Persero). Dengan
prosedur ini PT. KAI (Persero) mampu mengembangkan aplikasi, target pasar dan memenuhi
kebutuhan konsumen. Penelitian ini akan membantu untuk lebih efisien dan tepat sasaran dalam
konsep aplikasi KAI Access.
Perpustakaan Digital ITB