digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bisnis transportasi yang ada di Indonesia beragam mulai dari transportasi darat, udara, laut. Transportasi darat khususnya kereta api di Indonesia masih di dominasi oleh perusahaan Negara seperti PT. KAI (Persero), karena perusahaan ini memiliki tugas dan aturan dari pemerintah yang mewajibkan memberikan jasa transportasi bagi seluruh masyarakat yang ada di Indonesia. Tantangan yang diberikan oleh pemerintah tersebut dijawab oleh PT. KAI (Persero) dengan terus mengembangkan pelayanan dan teknologi yang mereka miliki. Pengembangan terbaru yang dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan adalah dengan menciptakan inovasi teknologi aplikasi mobile bernama KAI Access. Sejak peluncurannya aplikasi ini belum mendapatkan perhatian dan penggua sehingga aplikasi ini belum mencapai target yang sudah ditentukan dari latar belakang dibentuknya aplikasi KAI Access tersebut untuk memudahkan pelayanan yang di miliki oleh PT. KAI (Persero) menjadi dalam satu genggaman. Penelitian ini memfokuskan untuk membantu aplikasi KAI Access dalam mengukur dan meningkatkan pengetahuan produk konsumen. Pengukuran dan peningkatan pengetahuan produk konsumen akan membantu komunikasi marketing aplikasi KAI Access agar mendapatkan perhatian dari masyarakat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori tentang cara meningkatkan pengetahuan produk konsumen dan juga teori AIDA yang digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan konsumen. Selanjutnya mengikuti prosedur analisa untuk meningkatkan pengetahuan produk konsumen dengan melibatkan teori AIDA sebagai dasar untuk mengukur dan meningkatkan pengetahuan produk konsumen terhadap aplikasi KAI Access. Rekomendasi strategi dalam meningkatkan komunikasi pemasaran berdasarkan dari hasil temuan (Gap) pada tingkat pengetahuan produk konsumen akan dapat membantu bagaimana aplikasi KAI Access ini mendapatkan perhatian dan juga digunakan oleh masyarakat khususnya adalah pelanggan PT. KAI (Persero). Dengan prosedur ini PT. KAI (Persero) mampu mengembangkan aplikasi, target pasar dan memenuhi kebutuhan konsumen. Penelitian ini akan membantu untuk lebih efisien dan tepat sasaran dalam konsep aplikasi KAI Access.