digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2002 SIBARANI
PUBLIC rikrik

Abstrak : Teknologi Informasi yang berkembang pesat dewasa ini memberikan manfaat yang besar bagi dunia perusahaan. Teknologi Informasi dapat diterapkan dalam berbagai bidang dalam perusahaan. Salah satu bidang dalam perusahaan yang memerlukan teknologi informasi adalah pelayanan pada pelanggan. Pelayanan pada pelanggan adalah hal yang sangat penting dalam perusahaan sebab pelanggan adalah aset yang sangat berharga yang memberikan keuntungan bagi perusahaan. Oleh karena itu perusahaan hams melayani pelanggan dengan baik agar pelanggan merasa puas atas produk dan pelayanan yang ditawarkan. Untuk menangani pelanggan dibutuhkan suatu sistem informasi yang handal agar kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Sistem Informasi Customer Care yang diperlukan oleh suatu perusahaan. Sistem ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan yang diharapkan pelanggan. Teknologi yang dipakai dalam implementasi adalah teknologi portal yang mendukung database terpadu dan teknologi internet. Dalam tesis ini diambil suatu kasus dalam sebuah perusahaan yang bergerak dalam usaha jasa telekomunikasi.