ABSTRAK Erfan Muhamad Rahmawan
PUBLIC Dewi Supryati
COVER Erfan Muhamad Rahmawan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Erfan Muhamad Rahmawan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Erfan Muhamad Rahmawan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Erfan Muhamad Rahmawan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Erfan Muhamad Rahmawan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Erfan Muhamad Rahmawan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Erfan Muhamad Rahmawan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Erfan Muhamad Rahmawan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
UMKM Kicimpring Cidadap merupakan salah satu usaha berskala mikro yang bergerak di
industri kuliner dan terletak di Kota Bandung, Jawa Barat. Sejak bulan Juli 2019 sampai Januari
2020, omzet penjualan UMKM Kicimpring Cidadap mengalami fluktuasi dari pemasaran
online dan cenderung stagnan untuk pemasaran offline meskipun mengalami penambahan
jumlah mitra distribusi produk. Menurut Kepala Pemasaran UMKM Kicimpring Cidadap,
tantangan yang dihadapi saat ini adalah kesulitan untuk menentukan strategi pemasaran yang
tepat dan sulitnya memprediksi perubahan dari lingkungan eksternal perusahaan terutama
dalam memasarkan produk secara offline melalui toko oleh-oleh, hotel, dan tempat wisata. Hal
tersebut disebabkan karena UMKM Kicimpring Cidadap belum bersikap proaktif terhadap
strategi pemasaran yang sesuai dengan kapabilitas perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk memetakan strategi pemasaran berdasarkan tahap pertumbuhan organisasi saat
ini.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Rancangan penelitian yang akan dilakukan
adalah mengidentifikasi tahap pertumbuhan organisasi dan strategi pemasaran saat ini,
melakukan pemetaan strategi pemasaran berdasarkan tahap pertumbuhan organisasi, dan
menentukan arah pengembangan strategi pemasaran. Tahap pertumbuhan organisasi dan
strategi pemasaran diidentifikasi dengan wawancara mendalam kepada stakeholders UMKM
Kicimpring Cidadap dan hasil tersebut akan digunakan untuk pemetaan strategi pemasaran
berdasarkan tahap pertumbuhan organisasi. Hasil pemetaan strategi pemasaran kemudian
dijadikan dasar untuk menentukan arah pengembangan UMKM Kicimpring Cidadap.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini UMKM Kicimpring Cidadap telah berada pada
tahap growth dan memiliki gap pada strategi promosi, strategi harga, serta strategi tempat.
Usulan strategi pemasaran difokuskan kepada masalah yang timbul pada strategi tempat yaitu
sistem kerja sama konsinyasi dengan mitra distribusi. Strategi yang diusulkan untuk sistem
konsinyasi adalah penetapan harga jual produk, kontrak kerja sama, fokus promosi produk, dan
evaluasi mitra distribusi potensial. Usulan tersebut diharapkan mampu untuk meningkatkan
kinerja UMKM Kicimpring Cidadap dalam memasarkan produk kepada pelanggan.