Internet berkembang dengan pesat di Indonesia. Perkembangan internet membantu
berbagai sektor untuk tumbuh, salah satunya UMKM sebagai salah satu tulang
punggung perekonomian Indonesia. Pemanfaatan internet pada UMKM mendorong
pemanfaatan pemasaran online. Pemasaran online memberi keuntungan dan
kemudahan yang tidak ada pada pemasaran offline. Penggunaan pemasaran online
perlu disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan perusahaan agar pemasaran
online yang dilakukan dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Di Indonesia, pemanfaatan internet pada UMKM cukup rendah disebabkan oleh
pengetahuan pelaku usaha yang belum mampu menggunakan internet dalam
pertumbuhan UMKM. Pemasaran juga menjadi masalah bagi UMKM dimana 74%
UMKM mengalami kesulitan pada akses pemasaran. Masalah tersebut akan
menghambat pertumbuhan UMKM.
Penelitian ini bertujuan merancang model bauran pemasaran online yang ditujukan
pada UMKM dan juga membuat prioritas bauran pemasaran kedalam dua tahap
pertumbuhan organisasi, yaitu tahap creativity dan tahap direction. Penelitian
dilakukan terhadap 6 partisipan UMKM yang berada pada tahap creativity dan
tahap direction melalui wawancara terstruktur untuk mengetahui kriteria bauran
pemasaran online dan dilanjutkan dengan penggunaan metode fuzzy AHP dalam
menentukan peringkat kriteria.
Kesimpulan dari penelitian adalah ditemukan 40 kriteria penting bauran pemasaran
online yang terdiri dari 10 kriteria pada dimensi produk, 8 kriteria pada dimensi
harga, 10 kriteria pada dimensi tempat dan 12 kriteria pada dimensi promosi.
Perbedaan posisi kriteria bauran pemasaran terdapat pada tahap pertumbuhan
creativity dan tahap direction.