digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rian Aristio Nugraha
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Rian Aristio Nugraha
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Rian Aristio Nugraha
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Rian Aristio Nugraha
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Rian Aristio Nugraha
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Rian Aristio Nugraha
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Rian Aristio Nugraha
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Rian Aristio Nugraha
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Rian Aristio Nugraha
PUBLIC Alice Diniarti

PT Intisari Diesel (PT UID) merupakan UMKM yang menyediakan jasa distribusi spare part truk di Indonesia. Dalam upaya mencapai tujuan strategisnya, PT UID sering kali mengalami kesulitan dalam mengelola masalah yang ada. Ketidakmampuan tersebut terlihat dari performa pencapaian tujuan strategis yang buruk. Hal ini diindikasikan terjadi karena PT UID belum mengelola stakeholder dan risikonya, yang berpotensi mempengaruhi kegiatan pencapaian tujuan strategis perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memberikan rancangan strategi pengelolaan stakeholder dan risiko perusahaan, agar PT UID dapat meningkatkan performa pencapaian tujuan strategisnya. Dalam upaya menghasilkan strategi pengelolaan stakeholder dan risiko yang tepat bagi PT UID, akan digunakan metodologi baru dalam mengelola stakeholder dan risiko dalam suatu UMKM. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini mengintegrasikan proses stakeholder management dan manajemen risiko ke dalam 1 proses yang sama, dan dalam proses terintegrasi tersebut juga dipertimbangkan proses bisnis dan tujuan strategis perusahaan. Dipertimbangkan juga karakteristik dan critical success factor dari suatu UMKM dalam pelaksanaan penelitian dan perancangan strategi. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi 136 risiko yang berpotensi mengganggu pencapaian tujuan strategis PT UID yang berasal dari 8 kelompok stakeholder dan tersebar pada keseluruhan proses bisnis PT UID. Dalam upaya mengelola risiko dan stakeholder tersebut secara efektif, diajukan 7 kelompok strategi respons yang dapat dijalankan oleh PT UID, yaitu joint venture, digitalisasi bisnis, strategic sourcing, implementasi SI, riset pasar, kontrak dengan pelanggan, dan pengelolaan relasi. Dengan melaksanakan ketujuh strategi ini, diekspektasikan PT UID dapat mengelola 57% permasalahan usahanya.