Dalam pelayanan rumah sakit di Indonesia, terdapat beberapa masalah yang dialami oleh
masyarakat, seperti waktu menunggu yang lama, sulitnya mendapatkan informasi rumah
sakit dan dokter di sekitar, dan belum ada cara praktis dan mudah untuk memanggil
ambulans. Solusi yang dapat mengatasi semua masalah tersebut adalah dengan
menggunakan aplikasi mobile kesehatan. Saat ini, terdapat beberapa aplikasi mobile
kesehatan di Indonesia, yang terbagi menjadi aplikasi mobile kesehatan yang berdiri
sendiri dan yang terikat dengan rumah sakit. Kedua jenis aplikasi mobile kesehatan ini
memiliki keuntungannya masing-masing terhadap pengalaman layanan kesehatan
pengguna. Saat ini belum ada aplikasi mobile kesehatan yang menggabungkan keduanya,
oleh karena itu diperlukan perancangan suatu aplikasi mobile manajemen layanan
kesehatan yang dapat menggabungkan fitur-fitur dari aplikasi yang berdiri sendiri dengan
yang terikat dengan rumah sakit. Perancangan suatu aplikasi mobile kesehatan harus
sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi pengguna karena tujuan dari aplikasi mobile
kesehatan adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan
layanan kesehatan, oleh karena itu perancangan desain aplikasi dilakukan menggunakan
pendekatan user-centered design. Penyebaran kuesioner dilakukan untuk akuisisi data
yang dibutuhkan untuk menentukan konteks pengguna dan kebutuhan sistem.
Perancangan desain dilakukan dengan dua iterasi, yaitu perancangan prototipe lowfidelity dan high-fidelity. Usability testing dilakukan untuk mengevaluasi ketercapaian
user experience goals dan usability goals aplikasi, yaitu effective to use, easy to learn,
dan helpful. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prototipe sudah mencapai seluruh goals
tersebut menggunakan beberapa parameter pengujian, seperti completion rate untuk
menilai effectiveness, Single Ease Question untuk menilai learnability, dan Intrinsic
Motivation Inventory untuk menilai helpfulness. Usability prototipe high-fidelity secara
keseluruhan juga sudah dinilai baik dengan menggunakan parameter pengujian System
Usability Scale dan e-Health Impact Questionnaire.