digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Shella Novelinda Purba
PUBLIC Alice Diniarti

PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) biasa di sebut PT INTI adalah perusahaan yang berkiprah dalam bisnis telekomunikasi. Pada tahun 2019 PT INTI memiliki delapan proyek pengembangan produk yang dikerjakan. Rencananya delapan proyek tersebut dapat selesai pada tahun 2019. Namun dari delapan proyek hanya tiga proyek yang selesai dikerjakan pada tahun 2019 sedangkan lima lainnya mengalami keterlambatan. Keterlambatan penyelesaian proyek dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu penyebab keterlambatan proyek dapat disebabkan oleh manajemen proyek yang kurang baik. Dalam melaksanakan proyek pengembangan produk baru, PT INTI belum menerapkan sistem monitoring dengan metode yang sistematis. Sistem monitoring untuk proyek pengembangan produk belum menerapkan suatu metode monitoring khusus seperti Kurva S maupun metode Earned Value atau Earned Schedule dan belum terdapat indikator atau faktor yang tetap sebagai dasar pengukuran dalam pelaporan progres atau status proyek. Sistem monitoring yang dilakukan selama ini berbentuk weekly meeting dan pengisian product scorecard yang tidak dapat menilai kemajuan proyek dan mengestimasi penyelesaian proyek. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem monitoring proyek pengembangan produk baru. Sistem monitoring dirancang dengan menggunakan dashboard agar monitoring dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Perancangan sistem monitoring dengan menggunakan dashboard dilakukan dengan terlebih dahulu mengidentifikasi kebutuhan Tim Proyek Pengembangan Produk untuk monitoring, mengidentifikasi data yang dimiliki dan dikumpulkan oleh Tim, kemudian menentukan KPI yang akan diukur untuk monitoring, selanjutnya memilih visualisasi dari KPI tersebut dan terakhir menentukan data-data lain yang terdapat pada dashboard untuk memberikan informasi lebih banyak kepada pengguna. Melalui perancangan yang dilakukan terdapat enam kebutuhan dari Tim Proyek Pengembangan Produk yang ingin dipenuhi, dari enam kebutuhan tersebut dipilih 14 KPI. Selanjutnya dilakukan perancangan prototipe dashboard dengan menggunakan software Microsoft Excel Macro VBA. Pada dashboard monitoring yang dirancang digunakan metode earned value management (EVM) dan earned schedule (ES) untuk memenuhi kebutuhan Tim Proyek Pengembangan Produk dalam memonitoring kemajuan proyek.