PT. BFF merupakan salah satu perusahaan milik pemerintah RI yang bergerak dalam bidang produksi
vaksin untuk manusia. PT. BFF tidak hanya melakukan usahanya di dalam negeri namun juga telah
mengekspor produknya baik vaksin maupun produk antara vaksin ke banyak negara di dunia untuk
kebutuhan program vaksinasi. Sebagai salah satu produk PT. BFF, vaksin pentavalent merupakan
salah satu vaksin kombinasi terbaru yang diproduksi saat ini yang mana sejak diluncurkan di tahun
2013 telah memenuhi kebutuhan dalam negeri untuk program vaksinasi national dan juga masuk ke
pasar swasta. Namun di pasar international, vaksin pentavalent PT. BFF tidak dapat mengambil
pangsa pasar UNICEF sampai saat ini, di pasar bilateral untuk kebutuhan vaksinasi pun demikian, dan
hanya dalam porsi sangat kecil vaksin ini dapat di pasarkan di pasar swasta Thailand. Dengan rencana
mengganti salah satu komponent impor dari vaksin pentavalent yang dapat memperbaiki harga jual
produk, diharapkan vaksin pentavalent ini dapat mengambil pangsa pasar international dengan nilai
yang cukup besar di masa depan.
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan usulan strategi pemasaran dari vaksin pentavalent untuk
meningkatkan pangsa pasarnya di pasar international, serta memperkuat posisi dari PT BFF dan vaksin
pentavalentnya.
Melalui metode penelitian berupa analisa lingkungan secara eksternal dan internal, melakukan survey
kepada para pelanggan ekspor PT. BFF mengenai BFF dan vaksin pentavalentnya, melakukan studi
komparasi dengan perusahaan sejenis dan melakukan brand exploratory survey untuk PT BFF serta
disusun perumusan strategi melalui SWOT-TOWS Matrix, dan Importance Performance Analysis
perlu dilakukan perbaikan pada strategi pemasaran vaksin pentavalent PT. BFF melalui strategi
perbaikan STP(Segmenting, Targeting & Positioning), perbaikan strategi 4P (Produk, Price,
Promotion and Distribution), Key Account Management dan relation management.