digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2020_TS_PP_Eka Jatnika_1-Abstrak.pdf?
PUBLIC Yose Ali Rahman

PT. BFF merupakan salah satu perusahaan milik pemerintah RI yang bergerak dalam bidang produksi vaksin untuk manusia. PT. BFF tidak hanya melakukan usahanya di dalam negeri namun juga telah mengekspor produknya baik vaksin maupun produk antara vaksin ke banyak negara di dunia untuk kebutuhan program vaksinasi. Sebagai salah satu produk PT. BFF, vaksin pentavalent merupakan salah satu vaksin kombinasi terbaru yang diproduksi saat ini yang mana sejak diluncurkan di tahun 2013 telah memenuhi kebutuhan dalam negeri untuk program vaksinasi national dan juga masuk ke pasar swasta. Namun di pasar international, vaksin pentavalent PT. BFF tidak dapat mengambil pangsa pasar UNICEF sampai saat ini, di pasar bilateral untuk kebutuhan vaksinasi pun demikian, dan hanya dalam porsi sangat kecil vaksin ini dapat di pasarkan di pasar swasta Thailand. Dengan rencana mengganti salah satu komponent impor dari vaksin pentavalent yang dapat memperbaiki harga jual produk, diharapkan vaksin pentavalent ini dapat mengambil pangsa pasar international dengan nilai yang cukup besar di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan usulan strategi pemasaran dari vaksin pentavalent untuk meningkatkan pangsa pasarnya di pasar international, serta memperkuat posisi dari PT BFF dan vaksin pentavalentnya. Melalui metode penelitian berupa analisa lingkungan secara eksternal dan internal, melakukan survey kepada para pelanggan ekspor PT. BFF mengenai BFF dan vaksin pentavalentnya, melakukan studi komparasi dengan perusahaan sejenis dan melakukan brand exploratory survey untuk PT BFF serta disusun perumusan strategi melalui SWOT-TOWS Matrix, dan Importance Performance Analysis perlu dilakukan perbaikan pada strategi pemasaran vaksin pentavalent PT. BFF melalui strategi perbaikan STP(Segmenting, Targeting & Positioning), perbaikan strategi 4P (Produk, Price, Promotion and Distribution), Key Account Management dan relation management.