digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Periklanan sudah menjadi tantangan yang baru untuk sebuah merek di era sekarang. Para pemasar harus memberikan usaha yang lebih untuk mengiklankan merek mereka di persaingan yang ketat ini. Maka, pemasar mencoba untuk menerapkan pendekatan yang berbeda dengan cara menempatkan produk ke dalam sebuah series. Hal-hal mengenai bagaiamana penempatan produk di dalam series menjadi focus utama bagi pemasar untuk membuat merek tersebut menjadi lebih menarik dan dapat mencapai tujuan mereka. Namun, literatur yang mempelajari bagaimana hal tersebut belum mencukupi bagi pemasar di era sekarang. Berkembangnya teknik serta cara dalam penempatan produk membuat merek-merek turut bersaing dengan mencoba untuk lebih terikat dan mendapatkan koneksi dengan terhubung kepada penontonnya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana penonton menilai sebuah serial web, bagaimana pengaruh dari penempatan produk, daya tarik dari merek, bagaimana merek dapat mempengaruhi pikiran penonton, serta rekomendasi yang dapat dilakukan oleh pemasar untuk mengimplementasikan merek mereka di dalam serial web dengan efektif. Peneliti mengeksplorasi factor (penempatan produk, kesadaran akan merek, persepsi citra merek, dan bagaimana daya tarik merek) yang diadaptasi dari jurnal terkait. Penelitian ini akan menggunakan PLS-SEM untuk menganalisia hubungan antar faktor. Sebagai tambahan, peneliti juga akan menggunakan uji Kruskal Wallis untuk membandingkan 3 serial web untuk meningkatkan wawasan mengenai rekomendasi praktis lebih lanjut dan wawancara semi struktur untuk membantu menganalisa hasilnya. Hasil dari analisa tersebut akan menunjukan persepsi citra merek, jenis dan frekuensi penempatan dan konteks yang mempengaruhi penonton terhadap bagaimana mereka memandang sebuah merek menjadi menarik. Penemuan penelitian ini diharapkan untuk menambah pengetahuan pada merek dan para pemasar tentang bagaimana cara memaksimalkan penggunaan terhadap penempatan produk dalan serial web di Indonesia.