Pada zaman globalisasi saat ini, pengguna dan penggunaan internet meningkat sangat pesat. Mulai dari
anak-anak sampai orang dewasa menggunakan internet untuk mencari informasi. Informasi yang dicari
beragam, tidak luput juga untuk mencari informasi tentang suatu produk yang ingin mereka beli. Pada saat
ini, banyak toko konvensional yang berganti menjadi toko online atau disebut juga online shop. Dimana
dengan adanya online shop ini memudahkan para pelanggan untuk mencari informasi tentang produk yang
ingin mereka beli. Dari informasi yang didapat dari online shop, para pelanggan akan melihat secara detail
informasi tentang produk tersebut dan melihat ulasan dari pelanggan lainnya sebelum membeli produk
tersebut. Ulasan-ulasan tersebut merupakan cerminan dari pengalaman para pelanggan yang telah membeli
produk tersebut. Ulasan tersebut bisa saja ulasan positif atau ulasan negatif, tergantung dari pengalaman
yang didapat para pelanggan saat membeli produk tersebut. Sehingga banyak online shop yang
menggunakan fitur ulasan tersebut, atau disebut juga sebagai customer online review. Salah satunya yang
menggunakan fitur tersebut adalah Tokopedia. Tokopedia merupakan salah satu platform online yang
paling banyak digunakan saat ini oleh masyarakat. Penelitian ini berfokus pada customer online review di
online shop, tepatnya di Tokopedia karena customer online review dapat menyediakan informasi kepada
para pelanggan tentang penilaian yang diberikan untuk online shop tersebut. Customer online review juga
memberikan perspektif para pelanggan tentang online shop tersebut dan mempresentasikan pengalaman
yang mereka dapatkan saat membeli produk di online shop tersebut. Sehingga memudahkan pelanggan lain
untuk melihat ulasan tersebut dan memutuskan untuk membeli produk tersebut atau tidak. Customer online
review juga merupakan cerminan dari kepuasan para pelanggan setelah membeli produk tersebut. Kepuasan
pelanggan ini bisa dilihat dari penilaian yang mereka berikan terhadap barang yang mereka beli dari online
shop tersebut. Dimana kepuasan pelanggan juga memiliki hubungan yang erat dengan pengalaman yang
didapatkan oleh para pelanggan saat membeli produk tersebut. Karena pengalaman yang mereka dapatkan
akan berdampak pada kepuasan yang dirasakan saat membeli produk tersebut. Maka dari itu, penelitian ini
menggunakan satu variabel bebas, yaitu: pengalaman pelanggan (customer experience). Kemudian untuk
variabel terikat, penelitian ini menggunakan kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dan customer
online review. Untuk memperoleh hubungan antara customer online review dengan pengalaman pelanggan
dan kepuasan pelanggan, penulis menggunakan metode Classical Assumption Test dan Multiple Linear
Regression. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa pengalaman pelanggan dan
kepuasan pelanggan memiliki hubungan yang signifikan terhadap customer online review didalam membeli
suatu produk di online shop. Sehingga customer online review bisa menjadi pertimbangan para pelanggan
sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk tersebut atau tidak. Untuk penelitian yang lebih baik
kedepannya, penelitian ini hanya meneliti satu platform online, yaitu Tokopedia. Penelitian selanjutnya bisa
meneliti platform online lainnya. Karena penelitian ini hanya menggunakan metode quantitative, penelitian
kedepannya bisa menggunakan metode campur, yaitu qualitative dan quantitative untuk memastikan
penelitian tersebut sama dengan apa yang terjadi di lapangan dengan melakukan depth-interview dalam
metode qualitative. Penelitian kedepannya juga bisa menggunakan alat ukur lain untuk mendapatkan
informasi yang lebih akurat dan pengetahuan yang lebih mendalam.