2020 SM Zukry Budi Setiawan 19017273.pdf
iu
PUBLIC Wiwik Istiyarini 2020 TS PP ZUKRY BUDI SETIAWAN 1 - FULL TEXT.pdf?
PUBLIC Wiwik Istiyarini
Kurangnya lapangan pekerjaan di Indonesia menciptakan sebuah masalah social yaitu kemiskinan,
salah satu upaya yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah social di Indonesia sebagai negara
berkembang dengan cara membangun sebuah social entrepreneurship. Sebagai sebuah bisnis social
penting untuk menerapkan bentuk model komunikasi bisnis yang tepat agar bisa diterima oleh potensial
customer. Dengan menerapkan model komunikasi yang baik dapat menjadi sebuah solusi dalam
menghadapi kerasnya competisi denga para competitor saat ini. Sebagai sebuah social entrepreneurship
baru, Hear Me hadir untuk menyelesaikan masalah yang saat ini terjadi yaitu gap antara teman dengar
dan teman tuli dalam berkomunikasi. Hear Me menciptakan sebuah aplikasi yang menjembatani cara
berkomunikasi antara teman tuli dan teman dengar dengan fitur translation dari suara menjadi Bahasa
isyarat dan Bahasa Isyarat menjadi text. Penting untuk memahami model komunikasi bisnis yang
diterapkan oleh sebuah perusahaan dalam upaya meningkatkan brand awareness. Untuk itu penelitian
ini berjudul “Discovering Business Communication Models for Social Entrepreneurship in Efforts to
Increase Brand Awareness”. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian pada kali ini adalah
Bagaiamana bentuk komunikasi bisnis yang diterapkan oleh Hear Me sebagai sebuah social
enterpereneurship baru dalam upaya meningkatkan brand awareness. Sedangkan tujuan dari penelitian
ini harapannya dapat menjawab pertanyaan penelitian yaitu untuk mengetahui model komunikasi bisnis
yang diterapkan Hear Me sebagai sebuah social entrepreneurship dalam upaya meningkatkan brand
awareneess. Dalam penelitian kali ini teori yang akan digunakan oleh penulis akan berhubungan dengan
Komunikasi Bisnis itu sendiri, mulai dari element pada komunikasi bisnis sampai dengan model
komunikasi bisnis. Dalam penilitan yang penulis lakukan ini metode yang digunakan untuk mencari
data adalah metodel kualitatif deskriptif, dimana penulis terlebih dahulu melakukan kegiatan observasi
terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Hear Me dalam berkomunikasi dengan komunitas yang mereka
jadikan object sasaran lalu setelah hal itu dirasa cukup, penulis melakukan kegiatan wawancara secara
mendalam kepada member dari Hear Me dan potensial customer yang terdiri dari teman tuli dan teman
dengar. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan kali ini menemukan beberapa model komunikasi
binsis yang diterapkan oleh Hear Me dalam berkomunikasi kepada potensial customer mereka. Adapun
beberapa model komunikasi bisnis tersebut adalah Model Komunikasi Linier, Model Komunikasi
Interksional dan Model Komunikasi Transaksional. Model Komunisi Linier dimana Hear Me dalam
memperkenalkan perusahaan mereka, menggunakan platform media social Instagram dan Youtube,
yang dimana hal tersebut masuk kedalam bentuk komunikasi bermedia, yang artinya terjadi proses
komunikasi satu arah yang terjadi secara tidak langsung. Selanjutnya Model Komunikasi Interaksional
yang diterapkan Hear Me dapat dilihat pada saat menjalin hubungan dengan potensial customer mereka
dengan melibatkan setiap program yang dijalankan selalu bersama teman tuli yang membuat banyak
feedback-feedback yang diterima untuk disesuaikan dengan budaya teman tuli, yang artinya Model
komunikasi ini bersifat dua arah antara Hear Me dengan Teman Tuli. Terakhir adalah Model
Komunikasi Transaksional yang diterapkan oleh Hear Me dapat dilihat ketika mereka mengikuti
event/pameran, pada moment ini terjadi sebuah proses interaksi yang dimana masyarakat yang datang
benar-benar terlibat langsung dalam proses komunikasi tersebut dengan Hear Me, yang tujuan
penerapan model ini untuk mencapai kesamaan makna yang dapat membuat komunikasi yang terjadi
semakin efektif. Oleh karena itu, model komunikasi bisnis yang diterapkan Hear Me, dirasa penulis
sudah cukup baik dan harus terus disempurnakan
Kata kunci: Masalah Sosial, Model Komunikasi Bisnis, Brand Awareness, Social Entrepreneurship