digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Agung Sri Utami
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Agung Sri Utami
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Agung Sri Utami
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Agung Sri Utami
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Agung Sri Utami
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Agung Sri Utami
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Pengetahuan menjadi salah satu aset berharga untuk mendapatkan keunggulan kompetitif bagi perusahaan, bersama dengan sumber daya dan modal lainnya. Banyak perusahaan berusaha untuk mengelola dan meningkatkan aset pengetahuan mereka untuk mempertahankan keunggulan kompetitif mereka. PT The EFG Company Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang informasi dan media global, dengan fokus pada riset pasar dan informasi konsumen, serta riset media tentang publikasi bisnis, pameran dagang, dan riset online. Sebagai perusahaan riset pasar yang memberikan pemahaman mendalam sebagai produk untuk klien mereka, PT The EFG Company mendasari modal mereka tidak hanya pada data, tetapi juga pada pengetahuan karyawan mereka. Penting bagi organisasi untuk mengidentifikasi pentingnya pengetahuan sebagai cara bagi perusahaan untuk mencapai visinya. Masalah muncul ketika organisasi tidak menerapkan sistem Manajemen Pengetahuan secara efektif sebagai metode pembelajaran untuk berbagi pengetahuan di seluruh karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan data sekunder dikumpulkan oleh dokumen publik dan pribadi perusahaan, jurnal dan buku terkait. Penelitian ini menggunakan Kerangka Kerja PPT, Strategi KM, dan Mekanisme Konversi Pengetahuan sebagai alat dalam mengusulkan sistem manajemen pengetahuan untuk mencapai visi perusahaan. Sebelum merancang sistem KM yang diusulkan, penulis mengidentifikasi kemungkinan akar penyebab untuk hasil yang diinginkan dengan menggunakan Fishbone Diagram.