BAB I
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR PUSTAKA
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Etanol merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang berpotensi menjadi pengganti bensin pada spark ignition engine. Penggunaan etanol sebagai bahan bakar sedang diteliti oleh Tim Rakata dengan tujuan memperoleh mobil berbahan bakar etanol yang paling efisien. Dalam pengembangannya, dilakukan berbagai modifikasi terhadap motor dan salah satunya adalah perbandingan kompresi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perbandingan kompresi terhadap daya dan efisiensi efektif motor 1 silinder berbahan bakar etanol penggerak mobil Tim Rakata. Motor tersebut dioperasikan pada kondisi transient dan wide-open throttle untuk menyimulasikan tahap burn pada metode berkendara mobil Tim Rakata, yakni coast and burn. Variasi perbandingan kompresi yang diuji adalah 10:1, 11:1, 12:1, 13:1, 14:1, dan 15:1 dengan ECU orisinal. Pengujian dilakukan di atas dinamometer sasis untuk memperoleh rpm, torsi, dan daya serta menggunakan flow meter untuk mengukur laju konsumsi bahan bakar.
Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa peningkatan perbandingan kompresi secara umum menghasilkan peningkatan nilai daya dan efisiensi pada hampir semua rpm. Dengan menggunakan efisiensi efektif hasil pengujian, diproyeksikan nilai efisiensi efektif untuk perbandingan kompresi 16:1, 17:1, dan 18:1 dan menghasilkan efisiensi efektif rata-rata berturut-turut 39,03%, 41,6%, dan 46,7%. Dari pengujian dan hasil proyeksi diperoleh bahwa peningkatan perbandingan kompresi menaikkan efisiensi efektif rata-rata sebesar 2,5%. Dengan demikian, meningkatkan perbandingan kompresi merupakan salah satu cara peningkatan efisiensi mobil Rakata secara keseluruhan.