digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2020 TA PP KAZU YOSHI WIJAYA 1.pdf ]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Penggunaan City Branding sebagai strategi dalam komunikasi pemasaran pariwisata sedang menjadi kegiatan yang gencar dilakukan dan meningkat pesat perkembangannya. Medan sebagai salah satu kota yang memiliki city branding, mengkomunikasikan branding kotanya “Colorful Medan” melalui kegiatan event yang diberi nama “Pesona Colorful Medan” guna untuk dapat menarik dan meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Medan. Namun kegiatan ini tidak terlalu berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan yang melakukan wisata ke Kota Medan. Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Medan, perlu adanya strategi yang dapat menarik wisatawan agar dapat berkunjung ke Medan. Kampanye dapat membantu untuk meningkatkan kunjungan dari wisatawan untuk melakukan destinasi wisata ke Kota Medan. Metode perancangan dalam perancangan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berupa studi literatur, observasi, dan wawancara dengan analisis berdasarkan teori kampanye, teori komunikasi persuasif, teori pariwisata, teori wisatawan (khalayak sasaran), serta teori media kampanye. Strategi komunikasi yang unik dan konsep kampanye yang dikemas semenarik mungkin, dapat dijadikan sebagai metode yang berguna untuk dapat menarik kunjungan wisata ke Kota Medan. Kampanye ini di harapkan dapat menarik wisatawan, terutama wisatwan lokal untuk dapat melakukan kunjungan dan berwisata ke Kota Medan.