digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800



BAB 1 Muhammad Mushthofa Musyasy
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Muhammad Mushthofa Musyasy
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Muhammad Mushthofa Musyasy
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Muhammad Mushthofa Musyasy
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan



Aplikasi dari motor listrik telah tersebar dalam berbagai kehidupan masyrakat modern saat ini, salah satunya adalah transportasi. Salah satu jenis motor yang sering digunakan adalah motor Brushless DC (BLDC). Untuk menggerakkan motor BLDC, dibutuhkan pengendali yang agar motor memiliki performa yang bagus saat beroperasi. Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk membuat dan menganalisis algoritma strategi kendali Maximum Torque Per Ampere (MTPA), yang merupakan strategi kendali yang bertujuan untuk meminimalisir arus fasa motor pada sebuah keluaran torka, serta sistem kendali yang tepat untuk motor BLDC 120 kW, baik sebagai kendali torka maupun kendali kecepatan. Bus Mercedes-Benz OF-917 dipilih sebagai benchmark agar lebih mudah dalam penentuan parameter beban. Hasil dari penelitian ini adalah strategi MTPA membutuhkan arus fasa yang lebih kecil dari metode Modified Field Oriented Control (MFOC) dengan besaran 0,14% hingga 1,27% dengan performa yang tidak berbeda jauh. Algoritma regenerative braking sudah disimulasi dengan hasil memiliki performa yang sama dengan metode MFOC dan ketika sumber berkurang, motor tidak mengalami penurunan performa yang terlalu signifikan. Strategi kendali MTPA ini lebih baik digunakan untuk torka keluaran yang lebih besar atau sama dengan 250 Nm karena riak torka dan arusnya lebih kecil dari metode MFOC.