Cover, Abstract & Lembar Pengesahan
PUBLIC karya COVER Muhammad Mushthofa Musyasy
PUBLIC karya
BAB 1 Muhammad Mushthofa Musyasy
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Muhammad Mushthofa Musyasy
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Muhammad Mushthofa Musyasy
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Muhammad Mushthofa Musyasy
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Muhammad Mushthofa Musyasy
PUBLIC karya PUSTAKA Muhammad Mushthofa Musyasy
PUBLIC karya
Aplikasi dari motor listrik telah tersebar dalam berbagai kehidupan masyrakat
modern saat ini, salah satunya adalah transportasi. Salah satu jenis motor yang
sering digunakan adalah motor Brushless DC (BLDC). Untuk menggerakkan motor
BLDC, dibutuhkan pengendali yang agar motor memiliki performa yang bagus saat
beroperasi. Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk membuat dan menganalisis
algoritma strategi kendali Maximum Torque Per Ampere (MTPA), yang merupakan
strategi kendali yang bertujuan untuk meminimalisir arus fasa motor pada sebuah
keluaran torka, serta sistem kendali yang tepat untuk motor BLDC 120 kW, baik
sebagai kendali torka maupun kendali kecepatan. Bus Mercedes-Benz OF-917
dipilih sebagai benchmark agar lebih mudah dalam penentuan parameter beban.
Hasil dari penelitian ini adalah strategi MTPA membutuhkan arus fasa yang lebih
kecil dari metode Modified Field Oriented Control (MFOC) dengan besaran 0,14%
hingga 1,27% dengan performa yang tidak berbeda jauh. Algoritma regenerative
braking sudah disimulasi dengan hasil memiliki performa yang sama dengan
metode MFOC dan ketika sumber berkurang, motor tidak mengalami penurunan
performa yang terlalu signifikan. Strategi kendali MTPA ini lebih baik digunakan
untuk torka keluaran yang lebih besar atau sama dengan 250 Nm karena riak torka
dan arusnya lebih kecil dari metode MFOC.