Kesadaran masyarakan Indonesia untuk menjaga kesehatan melalui rutin berolahraga dewasa ini telah banyak terjadi peningkatan. Hal ini tampak terlihat pada banyak nya
bermunculan fitness center / gym dengan konsep rumahan yang terletak di area pemukiman tidak hanya di pusat perbelanjaan dengan konsep fitness center yang mewah. Oleh sebab itu, persaingan di industry kesehatan dalam hal ini sarana olahraga (fitness) pun meningkat dengan semakin banyak nya pelaku usaha yang berminat membuat fasilitas tempat kebugaran. Salah satu hal yang patut dipersiapkan dengan matang adalah model bisnis yang pas dengan kebutuhan pasar dan target customer.
Nevaquit gym adalah salah satu pendatang baru di industri kebugaran, dengan konsep gym rumahan yang dekat dengan pemukiman. Mereka menawarkan konsep model bisnis gym
yang sarat akan informasi dan pengetahuan yang tepat akan bagaimana mendapatkan kebugaran dan kesehatan tubuh.
Pada tahun pertama berjalan, nevaquit gym mendapat respon yang baik dari masyarakat sekitar walaupun konsep yang mereka tawarkan belum sepenuhnya melekat pada keinginan
masyarakat sekitar. Setahun berselang, competitor baru muncul dengan lokasi jarak yang cukup dekat dan nevaquit gym pun kesulitan untuk bersaing dikarenakan konsep yang
ditawarkan competitor mereka lebih pas dan diinginkan oleh masyarakat sekitar.
Dalam penelitian ini, peneliti melakukan analisa dan solusi / rekomendasi terhadap masalah yang dihadapi pihak internal dari nevaquit gym. Salah satu focus pada penelitian ini yaitu
memberikan gambaran mengenai kondisi model bisnis di luar yang menawarkan konsep model bisnis yang baik dan tepat untuk target pasar nya.
Dari hasil penelitian melalui riset digital dan lapangan, ada 3 model bisnis yang merupakan model bisnis baru pada industry sarana olahraga (fitness) yang diharapkan dapat menjadi
perbandingan dalam menemukan atau membuat kembali bisnis model yang menjadi acuan pada proses berjalannya bisnis nevaquit gym sendiri.