Bagi banyak bank di Indonesia, terutama di salah satu bank milik negara, manajemen proyek yang efektif telah menjadi sumber potensial dari keunggulan kompetitif yang perlu tertanam di jantung bank. Karena bisnis perbankan sangat dinamis dan diatur oleh regulator, manajemen memberikan banyak tekanan pada saat pelaksanaan dan penyelesaian proyek. Bank perlu serius tentang bagaimana mengelola proyek karena bank menghadapi masalah umum yaitu keterlambatan dalam pelaksanaan proyek.
Oleh karna itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis penyebab utama keterlambatan proyek di bidang manajemen proyek TI di salah satu bank milik pemerintah Indonesia. Penulis telah melakukan beberapa tinjauan literatur tentang manajemen proyek dan melakukan metode penelitian kombinasi dengan menggabungkan hasil penelitian kuantitatif (dengan wawancara) dan kualitatif (dengan kuesioner) dari beberapa karyawan internal perusahaan.
Dari temuan tersebut terungkap bahwa rencana proyek yang tidak jelas, jadwal yang tidak realistis, dan sumber daya yang tidak memadai sebagai penyebab dan kesulitan yang dihadapi oleh manajer proyek selama pelaksanaan proyek. Tiga penyebab utama tersebut memainkan peran penting untuk manajemen proyek yang efektif dan efisien.
Penulis menyarankan bahwa perusahaan harus memberikan lebih banyak perhatian untuk meningkatkan cara mereka melakukan manajemen proyek seperti mengubah strategi komunikasi dan memberikan pelatihan kepada manajer proyek, PMO, pemilik proyek/produk, dan tim proyek tentang bidang yang disarankan untuk perbaikan.
Perpustakaan Digital ITB