digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan suatu kota tidak akan pernah lepas dari kota pendukung di sekitarnya, termasuk Sidoarjo yang mendukung Kota Surabaya. Namun peran krusialnya dalam menyokong industri wilayah sekitarnya tidak membuat Sidoarjo dikenal oleh dunia dalam perspektif yang baik. Ditambah dengan munculnya tragedi semburan lumpur kian membuat Sidoarjo kehilangan daya tariknya sebagai lahan investasi yang menjanjikan. Perancangan ini bertujuan untuk merancang identitas visual dalam kerangka untuk membangun city branding Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan pada perancangan berbasis riset ini merupakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tahapan perancangan dilakukan dengan mengintegrasikan teori competitive identity, teori ide inti branding, teori elemen penyusun logo, dan teori desain iterasi ke dalam adaptasi metode operational plan for country branding. Hasil dari perancangan ini menghasilkan logo sebagai elemen utama identitas visual dalam kerangka untuk membangun city branding Sidoarjo yang berbentuk bandeng dan udang. Identitas visual tersebut diterapkan berdasarkan strategi yang disusun melalui pemetaan peran para stakeholder dalam kerangka untuk membangun city branding Sidoarjo.