digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

1998 HILDA
PUBLIC rikrik

Abstrak: Pengendalian posisi katup merupakan bagian dari pengendalian kecepatan aliran proses. Pada kenyataannya telah terjadi masalah kecepatan aliran lem dengan kecepatan sistem pembawaan, sehingga menimbulkan kerugian dan ketidakefisienan dari produksi. Kasus ini kemudian diangkat sebagai masalah dalam tesis, dimana dicoba simulasi pengendalian kecepatan proses dengan mengendalikan katup sehingga laju aliran yang diinginkan adalah konstan. Secara fisik jenis lem yang dicampur juga berpengaruh terhadap gesekan aliran yang masuk kedalam pipa, begitu juga densitas dari bahan tern yang merupakan campuran dari H2O, NH3, NH4CL, Wax Emulsion, Urea Formaldehide Glue serta temperatur pengadukan dan tinggi fluida yang berupa tern didalam tangki. Perbedaan tekanan sebelum dan sesudah katup berpengaruh pada kecepatan aliran dan pengendalian posisi katup. Tesis ini membahas rancangan pengendalian optimal dengan membuat model simulasi pengendalian posisi katup dengan mengamati keadaan tersebut sehingga didapat suatu pengendalian kecepatan aliran. Solusi kendali optimal yang diperoleh melalui persamaan aljabar Riccati dengan menetapkan harga matriks bobot keadaan Q dan matriks sinyal kendali R yang diatur-atur sehingga mendapatkan nilai tertentu yang akan menghasilkan respon hasil simulasi yang optimal.