digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan dunia otomotif di Indonesia sedang meningkat terutama di bidang modifikasi motor apalagi sekarang presiden kita bapak Jokowi juga memakai motor kustom. Karena adanya peluang bisnis di dunia otomotif khususnya di kustom motor maka Mini Classic Garage memasuki persaingan bisnis tersebut dalam bidang kustom motor mini. Saat ini Mini Classic Garage beroperasional di kota Bandung tepatnya di jalan Sekeloa dan sudah berjalan 3 bulan. Karena bisnis yang masih baru maka terdapat beberapa masalah khususnya pada bidang marketing yang dimana belum banyak orang yang mengenal Mini Classic Garage yang berakibat tidak baiknya kesadaran merk dari Mini Classic Garage. Masalah tersebut harus diselesaikan oleh pemilik Mini Classic Garage. Untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi Mini Classic Garage maka peneliti memberikan solusi sistem marketing yang tepat. Sistem marketing tersebut mencakup beberapa konsep marketing seperti STP, dimensi Mix Marketing 4P,analisis TWOS matrix dan Porter’s 5 forces. Denga analisi marketing ini dapat diketahui keadaan internal dan eksternal perusahaan, target dan poosisi perusahaan juga tingkat persaingan yang dihadapi oleh Mini Classic Garage. Solusi bisnis yang di dapat setelah melakukan penelitian adalah sistem marketing yang tepat seperti menginovasi produk, melakukan kolaborasi dengan brand yang terkenal, bergabung dengan tempat modifikasi motor yang sudah terkenal, membuat konten sosial media yang baik dan tepat dan mengikuti even modifikasi motor.