digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri kimia yang berkembang, membuka peluang bagi pengusaha kecil untuk bersaing dalam industri ini, terutama untuk produk pembersih rumah tangga. Pasar global pembersih rumah tangga diharapkan mencatat CAGR 5,7% selama periode perkiraan, 2018-2023. Persaingan untuk pembersih rumah tangga menjadi kompetisi yang paling terlihat di industri kimia. Agar tetap kompetitif, perusahaan diharuskan memberikan solusi untuk masalah lingkungan melalui pengembangan green produk. Kesadaran lingkungan di masyarakat juga telah meningkat karena dukungan pemerintah dan kampanye go-green yang intensif. Enviro Chemicals sebagai perusahaan kimia dengan prinsip ramah lingkungan memiliki peluang yang baik. Produk kimia pembersih rumah tangga dari Enviro Chemicals telah berjalan selama lebih dari 3 tahun. Namun pertumbuhan penjualan produknya fluktuatif dan tidak signifikan. Ini adalah masalah utama perusahaan karena ketidakmampuannya dalam bersaing di pasar pembersihan rumah tangga. Perubahan dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini, terutama dalam hal pengembangan produk dan strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi penyelesaian masalah Enviro Chemicals. Peneliti menggunakan Analisis SWOT pada penelitian ini untuk melihat kondisi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari Enviro Chemicals. Peneliti juga menganalisis perilaku customer untuk melihat faktor apa yang mempengaruhi keputusan membeli pembersih rumah tangga. Hasil analisis menyebutkan bahwa legalitas, tempat dan brand menjadi faktor yang paling mempengaruhi keputusan membeli customer. Strategi yang diusulkan dirumuskan menggunakan Matriks Ansoff berdasarkan pada hasil matriks TOWS. Strategi yang diusulkan terdiri dari tiga variabel termasuk legalitas perusahaan, pengembangan produk, dan perluasan pasar. Strategi legalitas perusahaan bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan dan pemasaran produk. Pengembangan Produk sebagai strategi untuk memperkuat positioning dan keunggulan kompetitif merek IKS Enviro. Sementara itu, strategi ekspansi pasar menjadi ujung tombak untuk meningkatkan distribusi dan penjualan. Semua strategi yang diusulkan bertujuan untuk meningkatkan kinerja penjualan dan perluasan pasar dari Enviro Chemicals