digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Ateja adalah sebuah perusaahan keluarga yang didirikan lebih dari empat puluh tahun yang lalu, yang menjadi pelopor dan pemimpin pasar industri tekstil interior hingga saat ini. Perusahaan ini telah telah berkembang secara signifikan dan menjadi perusahaan yang melayani tekstil interior & technical textile untuk dalam negeri serta ke lebih dari 80 negara di seluruh dunia. Dikarenakan jenis industrinya yang spesifik, perusahaan ini memiliki beberapa tantangan yang perlu diselesaikan. Pada tahun-tahun awal keberadaan perusahaan, para pendiri Ateja secara langsung bekerja dan mengendalikan hampir setiap aspek perusahaan, sehingga menciptakan budaya perusahaan yang kuat namun hangat. Dengan ekspansi perusahaan yang saat ini memiliki 8 pabrik dan lebih dari 2600 pekerja, tentunya keterlibatan langsung para pendiri perusahaan mulai terbatas serta terfokus pada tingkat pengambilan keputusan saja. Meskipun Budaya Perusahaan telah distandarisasi dalam bentuk peraturan dan pedoman etika, implementasinya dirasakan mulai memudar. Tanpa budaya perusahaan yang kuat, kenyamanan bekerja di Ateja juga berkurang, yang kemudian menghasilkan masalah baru seperti cukup banyaknya pekerja yang mengundurkan diri dan kurangnya keinginan untuk mengejar karir di perusahaan. Di sisi lain, ada juga masalah dengan pelatihan yang dilakukan untuk para karyawan. Sebuah penelitian awal yang dilakukan dalam bentuk kuesioner, menyimpulkan bahwa pelatihan yang diterima karyawan belum memadai. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa karena kebutuhan pelatihan dibuat setiap tahun oleh Departemen Career Development dengan berfokus pada kesenjangan kompetensi, pelatihan tersebut terkadang tidak tepat sasaran dan tidak sejalan dengan tujuan utama atau visi perusahaan. Untuk menjawab 2 tantangan utama yang dihadapi oleh perusahaan, penulis mengimplementasikan rencana untuk mengubah Learning Centern Ateja saat ini menjadi sebuah Corporate University yang cocok untuk PT Ateja. Salah satu teori yang akan digunakan adalah Six Building Blocks of Corporate University yang dibuat oleh Boston Consulting Group. Corporate University di PLN berfungsi sebagai sebuah benchmark karena telah berhasil menerapkannya di perusahaan mereka. Penelitian diakhiri dengan rencana implementasi dan kerangka waktu untuk diimplementasikan di Ateja.