digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Peningkatan konsumsi roti di Indonesia mempengaruhi kebutuhan akan gandum. Impor gandum diprediksi meningkat lagi tahun ini menjadi sekitar 11,8 juta ton. Tingginya permintaan gandum, antara lain, terus didorong oleh kebutuhan besar industri makanan dan pakan ternak yang terus meningkat di negara ini. Salah satu toko roti dan roti di Jakarta adalah Manaree. Manaree Bakery didirikan oleh Okky Oksandy dan tim pada tahun 2010 di bawah lisensi PT. AGUS SALIM. Meskipun penjualan telah meningkat, perusahaan harus mempertimbangkan persaingan di bidang bisnis. Banyaknya toko roti dan kue yang berkembang pesat di Jakarta dengan persaingan yang tinggi dalam bisnis ini, karena hal ini disebabkan oleh banyaknya pilihan yang dapat dipilih pelanggan seperti roti dan kue dengan berbagai bentuk dan rasa, tekstur, makanan dan kualitas bahan. Ini akan menghasilkan penurunan permintaan yang akan memiliki konsekuensi buruk bagi perusahaan seperti penurunan laba dan pangsa pasar. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan setiap faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran berdasarkan kepuasan pelanggan, untuk merancang loyalitas pelanggan dan program kepuasan pelanggan, untuk melakukan rencana implementasi bisnis dan prediksi masa depan berdasarkan strategi aktivasi merek melalui loyalitas pelanggan dan program kepuasan pelanggan. Penelitian ini didasarkan pada analisis STP, analisis perusahaan dan analisis pesaing. Metode penelitian menggunakan metode penelitian metode kuantitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui survei, arsip perusahaan dan sumber akademis lainnya. Berdasarkan temuan, Manaree harus menjalankan beberapa program seperti optimasi platform e-commerce, optimalisasi pengiriman online, rekrutmen reseller, dan pengemasan produk baru. Tujuan semua program adalah untuk memastikan setiap faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran berdasarkan loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan. Program loyalitas pelanggan adalah kue kustom, dapatkan diskon setelah berbagi, blog, pengoptimalan situs web, pengoptimalan media sosial dan sampel produk gratis. Rencana implementasi bisnis telah dirancang dengan menggabungkan program dan waktu dalam bagan gantt. Semua rencana ditulis sebagai strategi fungsional. Strategi fungsional dibangun dalam empat unit yaitu strategi merek perusahaan, strategi pemasaran, program loyalitas pelanggan dan program operasi.