digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Mey Margareth Siahaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Mey Margareth Siahaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Mey Margareth Siahaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Mey Margareth Siahaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Mey Margareth Siahaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Mey Margareth Siahaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Mey Margareth Siahaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Mey Margareth Siahaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

2016 TA PP MEY - BAB 8
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR Mey Margareth Siahaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Dalam rangka mendukung industri Crude Palm Oil (CPO) Kalimantan Timur, dibutuhkan ketersediaan sarana dan prasarana transportasi laut yang menyokong distribusi komoditas ini ke berbagai wilayah. Aspek terpenting dalam transportasi laut adalah pelabuhan. Struktur dermaga pada pelabuhan dibutuhkan sebagai tempat bersandarnya kapal berupa oil tanker, dan sebagai tempat bongkar muat muatan. Perencanaan sebuah dermaga perlu memenuhi kriteria-kriteria tertentu sehingga diperoleh dimensi serta konfigurasi dari dermaga yang direncanakan. Data-data lingkungan seperti data batimetri, gelombang, pasang surut, angin, arus, dan geoteknik menjadi penentu dalam proses perencanaan dimensi suatu dermaga. Dimensi tersebut kemudian dimodelkan pada perangkat lunak SAP2000 dengan memberikan beban-beban antara lain beban mati, beban hidup, beban lingkungan, beban berthing, beban mooring, serta beban gempa. Keluaran dari pemodelan ini berupa unity check ratio (UCR), defleksi struktur, gaya dalam struktur, dan reaksi perletakan. Keluaran berupa unity check ratio dan defleksi struktur ditinjau sehingga dipastikan nilai unity check ratio dan defleksi memenuhi persyaratan yang ditentukan. Keluaran berupa gaya dalam digunakan dalam perhitungan penulangan elemen struktur. Selain itu, keluaran berupa gaya dalam pada tiang serta reaksi perletakan digunakan dalam analisis daya dukung tanah terhadap beban aksial dermaga.