digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Funny Bunny adalah pembuat perusahaan pembuat game indie bergenre Role Playing Games (RPG). Sebagai perusahaan baru, kebutuhan marketing sangat penting. Strategi marketing yang tepat akan sangat mempengaruhi pendapatan optimal. Hal ini sangat penting untuk kelangsungan Funny Bunny. Penelitian ini memakai penelitian kuantitatif dan kualitatif. Untuk mengeksplorasi permasalahan bisnis, penelitian ini memakai analisis internal dan eksternal untuk membuat analisis SWOT. Keadaan internal perusahaan akan di analisia dengan Marketing Mix dan Brand Equity Pyramid. Analisis eksternal akan di analisa dengan Porter Five Forces dan Competitor Analysis. Root Cause Analysis kemudian digunakan untuk menumukan sumber permasalahan. Sebab masalah utama dari Funny Bunny untuk mendapatkan pendapatan maksimal adalah promosi. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, diperlukan IFI & EFE Matrix untuk menemukan kunci utama dan kuadran terpilih pada TOWS Matrix. Setelah strategi dipilih, Digital Marketing Funnel memecah satu persatu strategy. Content Marketing Periodic Table kemudian membantu untuk menjelaskan apa yang perlu dilakukan. Terakhir, Key Performance Indicator akan membantu untuk mengukur performa strategi terpilih. Kesimpulannya, Funny Bunny memiliki kekuatan yang kuat dan kesempatan yang besar. Membangun awareness, komunitas dan memberi penawaran menarik akan membantu Funny Bunny mendapatkan pendapatan optimal. Untuk meraih tujuan tersebut membutuhkan strategi Search Engine Optimization, Social Media Management, membangun komunitas pemain game baru dan memberi potongan harga pada Steam event sales. Garis waktu dan anggaran kemudian akan membantu strategi berjalan lancar.