digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
PUBLIC karya

Gamifikasi merupakan penggunaan elemen game dalam konteks selain game. Gamifikasi dapat memotivasi dan memicu keterlibatan pengguna. Telah banyak penggunaan gamifikasi yang cukup sukses memotivasi. Dalam pengembangan perangkat lunak, produktivitas dari setiap anggota tim sangat berpengaruh kepada kesuksesan sebuah proyek pengembangan perangkt lunak. Oleh karena itu, seharusnya gamifikasi dapat dimanfaatkan dalam pengembangan perangkat lunak untuk meningkatkan produktivitas. Namun, sejauh ini tidak banyak usulan dan implementasi gamifikasi dalam pengembangan perangkat lunak. Selain itu, salah satu yang menjadi kendala adalah tidak banyak pemanfaatan gamifikasi pada kakas pengembangan perangkat lunak yang sudah umum digunakan dalam industri yang membuat gamifikasi sulit untuk diadopsi dalam pengembangan perangkat lunak. Pada tugas akhir ini dibangun sebuah perangkat lunak berbasis web yang berfungsi sebagai sistem perangkat lunak gamifikasi untuk pengembangan perangkat lunak scrum yang terintegrasi dengan kakas pengembangan perangkat lunak yang umum digunakan. Kakas pendukung pengembangan perangkat lunak yang dipilih adalah GitHub dan Trello. Kakas yang dibuat mengimplementasikan beberapa elemen game yang di antaranya adalah point system, medal, dan leaderboard. Implementasi elemen game yang dilakukan adalah dengan menerapkan ketiga elemen game tersebut pada daily meeting, penyelesaian task, code review, dan commit GitHub. Dari hasil pengujian, didapat bahwa sistem perangkat lunak yang dibuat dapat digunakan dalam pengembangan perangkat lunak scrum dan telah sesuai dengan rancangan. Pengujian dilakukan dengan melakukan pengujian fungsional dan melakukan pengujian dengan menggunakan sistem perangkat lunak gamifikasi yang dibuat dalam simulasi pengembangan perangkat lunak scrum.