digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Novia Lioe Herlina
PUBLIC Dewi Supryati

PT Cahaya Perada Abadi merupakan UMKM yang terletak di bidang fashion dan terletak di kota Bandung yang sedang mengalami permasalahan berupa penurunan penjualan dan usaha yang tidak bertumbuh. Penurunan penjualan ini telah menyebabkan kerugian bagi perusahaan, sehingga terdapat urgensi yang tinggi untuk segera melakukan perbaikan. Terdapat berbagai dugaan penyebab turunnya penjualan, oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perusahaan secara menyeluruh, menentukan prioritas masalah, dan merancang intervensi untuk memperbaiki prioritas masalah tersebut. Model yang digunakan untuk melakukan analisis menyeluruh dan merancang perbaikan adalah model pengembangan organisasi, dengan tahapan entering and contracting, diagnosing organizations, diagnosing groups and jobs, collecting and analyzing diagnostic information, feeding back diagnostic information, dan designing interventions. Dalam merancang intervensi, arahan perubahan diperoleh melalui identifikasi tahap pertumbuhan organisasi. Prioritas masalah yang diperoleh dari hasil diagnosa organisasi, kelompok, dan individu adalah sistem dan proses serta strategi. Intervensi yang dirancang untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah intervensi strategis berupa organization design perancangan strategi dan intervensi technostructural berupa rancangan kerja. Kemudian, berdasarkan identifikasi tahap pertumbuhan organisasi, perusahaan saat ini berada di antara tahap pertumbuhan entrepreneurial dan collectivity. Oleh karena itu, hasil akhir yang dirancang dalam penelitian ini adalah strategi yang dapat diimplementasikan perusahaan, yaitu strategi pemasaran dan penjualan. Berikutnya adalah sistem dan proses pemasaran dan penjualan yang mulai dibuat menjadi prosedur, berkontribusi terhadap kesuksesan, dan bertujuan untuk menumbuhkan perusahaan untuk membuat perusahaan seluruhnya berada pada tahap collectivity.