digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK THIRZA MAYNARD
PUBLIC Dewi Supryati

Saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi meningkatkan penggunaan perangkat digital di berbagai bidang kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Perangkat digital digunakan pada electronic-learning (e-learning) dan mobile learning (m-learning). Di Indonesia, berkembangnya teknologi dan potensi digitalisasi pada dunia pendidikan menyebabkan munculnya perusahaan-perusahaan yang membuat digital platform berbasis pendidikan. Salah satu perusahaan tersebut adalah KelasKita. Pihak KelasKita menerima keluhan dari pengguna terkait fitur pengajar maupun pelajar. Pada tahun 2019, KelasKita ingin meluncurkan versi aplikasi web terbaru sehingga KelasKita membutuhkan masukan dari pengguna. Lebarnya range usia pengguna, perbedaan karakteristik usia, dan adanya penelitian sebelumnya terkait pengaruh usia terhadap performansi, membuat evaluasi aplikasi web m-learning KelasKita perlu dilakukan berdasarkan kelompok usia pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan usability aplikasi web m-learning KelasKita melalui evaluasi usability dengan parameter efektivitas, efisiensi, nilai electroencephalogram (EEG), kepuasan pengguna, dan permasalahan yang dialami pengguna melalui retrospective think-aloud (RTA). Partisipan berjumlah 12 orang dari 4 kelompok usia (< 18 tahun, 18 – 24 tahun, 25 – 34 tahun, dan > 34 tahun). Setiap partisipan akan berperan sebagai pelajar dan pengajar. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa subtugas masih memiliki efektivitas yang buruk namun aplikasi secara keseluruhan memiliki efektivitas yang baik. Selain itu, masih banyak kesalahan yang dilakukan oleh partisipan, beban kerja mental yang dirasakan oleh partisipan tinggi saat menggunakan aplikasi, serta masih terdapat masalah pada sesi RTA. Untuk memperbaiki masalah tersebut, dirancang 42 usulan perbaikan untuk meningkatkan usability aplikasi web KelasKita. Usulan perbaikan yang paling signifikan adalah perbaikan tampilan ikon dan tulisan, arti ikon dan tulisan, serta layout/organisasi layar.