digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

SLI (Sambungan Langsung Internasional) 01017 adalah bentuk tarif akses layanan murah dari Telkom untuk melakukan panggilan internasional ke luar negeri, menawarkan layanan panggilan suara yang lebih baik dan kualitas jaringan dengan saluran yang jelas. Namun, layanan komunikasi digital hadir seperti Line dan WhatsApp, membuat kontribusi terhadap pendapatan Telkom dari lalu lintas SLI tradisional internasional terus menurun. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang seberapa sadar orang-orang tentang IDD 01017 dan komunikasi pemasaran apa yang akan menarik audiens untuk menggunakan IDD 01017 sebagai media dalam melakukan panggilan internasional. Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Data primer yang dikumpulkan adalah dari mewawancarai Manajer Pemasaran Layanan Grosir Telkom Regional III, mewawancarai sepuluh informan, dan menyebarkan kuesioner dengan menargetkan orang-orang yang melakukan atau telah melakukan panggilan luar negeri. Efektivitas komunikasi pemasaran dan kurangnya kesadaran diperoleh sebagai penyebab masalah. Dengan demikian, tujuan komunikasi pemasaran adalah untuk mengembangkan kesadaran merek untuk memotivasi pelanggan untuk menggunakan IDD 01017 sebagai media alternatif dalam membuat panggilan internasional melalui saluran, acara dan stan iklan digital. Mayoritas tujuan pelanggan adalah menelepon ke luar negeri untuk panggilan bisnis atau kerja, yang membutuhkan respon cepat, mungkin dapat menjadi keuntungan untuk menarik pelanggan, mengingat positioning IDD 01017 termasuk dua faktor yang dibutuhkan audiens yang bersifat internasional panggilan membutuhkan kemudahan koneksi dan kualitas suara yang bagus.