digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dalam beberapa tahun terakhir, fenomena era digital telah menarik perhatian dunia. Di era ini, banyak hal yang menggunakan internet dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu platform online yang sedang berkembang di Indonesia adalah EthisCrowd yang di kategorikan sebagai crowdfunding berbasis Syariah yang saat ini menjadi satu satunya crowdfunding Syariah yang bertahan di Indonesia. Untuk menjalankan wadah investasi ini, perlu adanya dorongan dan kesempatan untuk mendapatkan paparan atas bentuk investasi melalui media digital. EthisCrowd memiliki tantangan dalam mengatasi isu bisnisnya yaitu dengan cara meningkatkan realisasi investasi masyarakat Indonesia yang masih menunjukan presentasi yang rendah terhadap total potensi investasi di Indonesia. Tantangan ini kemudian menghasilkan pembentukan strategi agar EthisCrowd mampu mencapai kinerja yang akan meningkatkan secara bertahap dari tahun ke tahun secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat merumuskan implementasi untuk strategi yang tepat bagi perkembangan dan keberlangsungan EthisCrowd. EthisCrowd dengan analisis internal, eksternal dan survey yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan merek serta menciptakan strategi yang tepat untuk investor baru agar memilih EthisCrowd sebagai pilihan untuk berinvestasi. Implementasi strategi adalah penggabungan SWOT dari kuesioner yang dibuat menjadi analisis TOWS Matrix. Temuan dalam penelitian ini menghasilkan empat strategi utama yang berkenaan dengan keterlibatan emosional yang membuat orang tahu serta terasa dekat dan terlibat dalam kegiatan yang dilakukan EthisCrowd.