digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Marina Arikha Davis
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Marina Arikha Davis
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Marina Arikha Davis
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Marina Arikha Davis
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Marina Arikha Davis
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Marina Arikha Davis
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Kondisi perusahaan terpengaruh oleh transformasi bisnis di NDE (Ekonomi Digital Baru). Pada satu sisi, transformasi digital adalah tantangan dalam mempertahankan bisnis yang ada. Sementara di sisi lain, transformasi tersebut merupakan peluang bagi perusahaan untuk berinovasi dalam menciptakan produk atau layanan baru. Dampak transformasi digital dengan perubahan bisnis yang signifikan dapat menjadi peluang bagi penyedia layanan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) untuk menciptakan model bisnis baru yang berkelanjutan. Tujuan dari riset ini untuk mengidentifikasi trend industri bidang TIK dan kebutuhan proposal strategi bisnis untuk Metrodata Electronics, bagaimana membuat bisnis sesuai dengan keinginan dari pelanggan dan bisa bersaing dengan kompetitor. Riset ini menggunakan metode kualitatif melalui interview terhadap manajemen Metrodata Electronics dan pelanggan, serta bisnis partner yang terkait dengan operasional perusahaan. Sebagai penyedia layanan TIK dan distributor agen untuk berbagai produsen, mulai dari ERP (perencanaan sumber daya perusahaan), e-commerce, perangkat lunak, perangkat keras hingga konsultasi, perusahaan perlu memahami keinginan pelanggan sebagai pengguna layanan dan mengidentifikasi layanan yang paling cocok untuk era digital di masa depan. Transformasi digital yang terjadi saat ini adalah saat yang tepat bagi Metrodata Electronics untuk menciptakan strategi bisnis untuk memperoleh manfaat. Model bisnis yang baru akan membuat perusahaan mampu membuat layanan TIK yang bernilai tambah dengan dilandasi oleh keunggulan teknologi.