digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Mei Rizki Diantika.pdf?
PUBLIC Taupik Abidin

Pertumbuhan industri mode Muslim di dunia meningkat dan terus berkembang saat ini. Indonesia dengan populasi Muslim terbesar juga memiliki kontribusi besar dalam industri fesyen Muslim di dunia. Pada tahun 2020, Indonesia menargetkan untuk menjadi pusat mode busana muslim di dunia. Namun, saat ini beberapa ritel yang memiliki toko fisik yang sudah ada tiba-tiba tutup, mereka tidak dapat bertahan karena mereka tidak dapat mengetahui kebutuhan pelanggan mereka, teknologi membuat sistem berubah. Toko fisik harus beradaptasi dengan kenyataan ini. Media digital sangat dekat dengan orang-orang saat ini sehingga perusahaan mode Muslim harus membuat strategi baru mengenai teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana toko fisik bertahan di era digital terutama di perusahaan busana muslim atau hijab. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu wawancara mendalam. Penelitian ini telah mewawancarai 5 responden dari berbagai perusahaan busana muslim atau hijab yang memiliki lebih dari tiga toko fisik. Penelitian difokuskan pada model pemasaran atau model ritel stategik yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan tersebut. Untuk mengetahui dan memahami model ritel strategis dalam perusahaan busana muslim atau hijab, ada 4 elemen yang digunakan peneliti. Elemen-elemennya adalah produk, layanan, penentuan posisi, dan teknologi. Berdasarkan hasil, produk harus memiliki perbedaan dengan produk lain atau mengikuti tren. Untuk layanan, layanan adalah nomor satu dan menghasilkan loyalitas pelanggan. Untuk penentuan posisi, perusahaan melakukan branding dan memiliki lokasi toko yang strategis. Dan yang terakhir, perusahaan menggunakan teknologi untuk melakukan promosi dan membuat data pelanggan. Sehingga, industri busana muslim bisa bertahan di era digital. Berdasarkan hasil penelitian, ada rekomendasi yang dapat diterapkan di Khalisa Hijab terutama dalam model pemasaran atau model strategis. Untuk model pemasaran, Khalisa harus membuat produk yang berbeda dengan yang lain atau mengikuti tren, harus memprioritaskan layanan pelanggan, harus melakukan branding, dan menggunakan teknologi untuk mempromosikan dan membuat data pelanggan. Setelah Khalisa Hijab memiliki lebih banyak sumber daya untuk membangun sebuah toko, lokasi harus strategis. Itu berarti dekat dengan pelanggan dan pusat kota.