Di industri layanan streaming musik online yang sedang berkembang pesat, industri ini menjadi
sangat kompetitif, brand personality hadir untuk menjadi salah satu strategi positioning yang
membuat tiap layanan memiliki diferensiasi untuk mendapatkan preferensi pelanggan. Riset ini
menginvestigasi kecocokan dari brand personality yang dirancang oleh perusahaan dan dan brand
personality yang diterima oleh pelanggan layanan streaming musik online yang mencakupi Spotify,
Joox, Soundcloud, dan Apple Music berdasarkan posting media sosial yang menjadi media
penyaluran komunkasi identitas mereka. Selain itu, performa dari tiap kecocokan dari brand
personality juga di analisa lebih lanjut. Content Analysis menggunakan WordStat brand personality
dictionary dapat menunjukan brand personality yang dirancang oleh perusahaan dan dan brand
personality yang diterima oleh pelanggan dianalisa menggunakan kuisioner Aaker’s Brand
Personality Scale. Hasil dari riset membuktikan bahwa layanan streaming musik online dengan
tingkat kecocokan brand personality yang tinggi memiliki performa yang lebih baik terhadap
preferensi pelanggan dibandingkan dengan merek yang memiliki perbedaan yang signifikan diantara
brand personality yang dirancang oleh perusahaan dan brand personality yang diterima oleh
pelanggan, Dalam kata lain penelitian ini memiliki kontribusi literatur bagaimana brand personality
dapat memengaruhi preferensi pelanggan
Kata Kunci: Brand Personality, Brand Preference