digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Seiring dengan perkembangan budaya Korea Selatan melalui Korean Wave, muncul genre musik baru yang disebut Korean Pop. BTS menghadirkan gelombang besar Korean Pop. BTS adalah boy band K-Pop terkemuka dengan jumlah penggemar mereka. Jaringan sosial ARMY “Adorable Representative M.C of Youth” bagi mereka yang bersedia menjadi penggemar BTS. Seorang penggemar menganggap bahwa memorabilia seperti album menekankan penciptaan narasi dan identitas visual. ARMY mulai merasakan bahwa BTS memberikan kenangan kebahagiaan mereka dengan membeli merchandise mereka, fenomena masifnya penggemar BTS yang bersedia membeli merchandise ini kemudian diangkat oleh peneliti. Penelitian ini akan menganalisis hubungan brand experience, brand personality, brand trust, dan customer satisfaction terhadap customer loyalty pada ARMY. Hasilnya juga akan sangat membantu untuk rekomendasi dan referensi bagi perusahaan di bidang musik dan BTS, mengenai manfaat dan hubungan kelima variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan data kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Menggunakan purposive sampling dengan hasil 232 respondents. Dengan kriteria ARMY yang telah membeli Merchandise yang diluncurkan oleh BTS, berdomisili di salah satu kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, atau JABODETABEK dengan usia antara 18 – 22 tahun atau Gen Z. Kemudian, mengolah data menggunakan SmartPLS dan menganalisis secara deskriptif dan PLS-SEM. Penelitian ini menunjukkan bahwa brand experience berpengaruh signifikan terhadap brand personality, brand trust, dan customer satisfaction. Customer loyalty dapat dipengaruhi secara signifikan oleh brand trust dan customer satisfaction. Hasil mediasi menyatakan bahwa customer satisfaction dapat sepenuhnya memediasi brand experience terhadap customer loyalty, sedangkan brand trust dan brand personality memiliki peran memediasi sebagian. Kata Kunci: BTS, ARMY, Merchandise, Quantitative, PLS-SEM, Brand Experience, Brand Personality, Brand Trust, Customer Satisfaction, Customer Loyalty